Status Anak Gunung Krakatau Naik Jadi Siaga

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
27 December 2018 07:57
Status Anak Gunung Krakatau Naik Jadi Siaga
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Anak Gunung Krakatau di Selat Sunda dari Waspada dengan radius 2 kilometer (km) menjadi Siaga dengan radius 5 km.

Peningkatan status gunung yang terus erupsi ini dimulai pukul 6.00 WIB, Kamis (27/12/2018), menurut informasi dari Badan Geologi yang diterima CNBC Indonesia.





Erupsi Anak Gunung Krakatau ini telah menyebabkan terjadinya tsunami di Selat Sunda, Sabtu pekan lalu.

"Sebelumnya foto 20 Agustus dan 24 Desember 2018, sebagian lereng di barat daya runtuh, inilah yang memicu terjadinya tsunami seluas 64 hektare," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers Rabu kemarin.

Lereng yang runtuh ini kemudian menyebabkan longsor bawah laut, lalu tsunami yang menerjang pantai-pantai yang ada di Selat Sunda.




Ia memaparkan panjang landaan tsunami dari Anyer sampai Lampung cukup signifikan, yakni mencapai 312,78 km pantai yang terdampak.

Untuk mengantisipasi adanya tsunami susulan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi (BMKG) merekomendasikan masyarakat tidak berkegiatan di 500 meter sampai 1 km dari garis pantai.


(prm/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading