Paska-Tsunami, Listrik Pandeglang Pulih 95%

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
26 December 2018 15:26
Paska-Tsunami, Listrik Pandeglang Pulih 95%
Jakarta, CNBC Indonesia- PT PLN (Persero) terus melakukan upaya pemulihan listrik akibat bencana tsunami yang menerjang sebagian wilayah Banten dan Lampung terus dilakukan. 

Dari 22 gardu yang padam, 20 gardu sudah berhasil dinyalakan, dan di wilayah Pandeglang, seluruh gardu yang sebelumnya padam telah menyala kembali. Hal yang sama juga telah dilakukan Lampung.




Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan Hambatan proses recovery kelistrikan yakni akses jalan yg msh dalam proses pembersihan pihak PU serta cuaca buruk yang masih terjadi.

Adapun, di Pandeglang, sebanyak 310 personil gabungan yang diterjunkan untuk upaya perbaikan infrastruktur kelistrikan dari UID Banten, UID Jakarta, UID Jabar. Tim gabungan ini telah mampu menyalakan 238 gardu distribusi dari total yang padam yakni 248 gardu distribusi. 

Di Lampung, sebanyak 40 personil gabungan yang datangkan dari ULP Kalianda, ULP Sidomulyo , ULP Sutami serta UP3 Tanjung Karang. Seluruh tim disebar untuk melakukan recovery dan menyalakan 22 titik tiang distribusi. 

"Dengan total capaian hari ini, artinya PLN berhasil menormalkan seluruh gardu distribusi yang sebelumnya padam untuk wilayah Pandeglang dan Lampung," ujar Made Suprateka melalui keterangan resminya, Rabu (26/12/2018).

Made menambahkan upaya recovery kelistrikan dan pengiriman bantuan sembako juga dilakukan didaerah-daerah terisolir seperti di Pulau Sabesi, Lampung dan desa sumur Kecamatan Pandeglang. Serta tak ketinggalan PLN juga memberikan penerangan untuk 22 posko pengungsiang yang berada di Pandeglang. 

Selain itu, dari segi pasokan gas Elpiji, PT Pertamina (Persero) juga telah menyiagakan 425 pangkalan elpiji 3 kg di wilayah Kabupaten Pandeglang guna mengamankan pasokan pasca-bencana tsunami. Dengan rincian sebanyak 121 pangkalan disiagakan tersebar di 10 Kecamatan terdampak tsunami di Kabupaten Pandeglang. Sedangkan 304 pangkalan lainnya tersebar di wilayah kabupaten Pandeglang yang tidak terdampak tsunami. 

Sekretaris Kementerian BUMN Imam A Putro mengatakan, kondisi stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas LPG juga aman. Pertamina telah memastikan fasilitas BBM dan LPG dalam kondisi aman dan beroperasi normal. 

[Gambas:Video CNBC]

"Ini wujud komitmen BUMN yang akan selalu hadir untuk masyarakat ketika dilanda bencana. Kami terus mendorong BUMN untuk memastikan layanan publik seperti layanan energi (listrik dan BBM), telekomunikasi, hingga perbankan bisa beroperasi normal kembali. Untuk itu, masyarakat pun diharapkan tidak perlu khawatir," ujar Imam. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading