Proyek Ridwan Kamil: Sea World, Bekasi Hingga Kelola Sampah

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 December 2018 16:39
Proyek Ridwan Kamil: Sea World, Bekasi Hingga Kelola Sampah
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat punya berbagai proyek untuk mengembangkan Jawa Barat. Proyek terbarunya adalah Luna Project.

Luna project merupakan proyek baru mengubah sampah kota menjadi bahan bakar pengganti batu bara.  Kemarin, Jumat (21/12/2018) pagi, ground breaking Luna Project telah dimulai dengan menggunakan teknologi RDF (Refuse-derived Fuel), di mana sampah kota diubah menjadi bongkahan padat pengganti batu bara.

Sebagian sampah non organik juga akan didaur ulang di Recycling Center. Nantinya, hasil bahan bakar dari sampah kota ini bisa digunakan untuk energi pabrik semen.


[Gambas:Instagram]
Tak berhenti disitu, Pria yang biasa disapa Kang Emil ini punya rencana untuk membangun mega proyek di Pantai Timur Pangandaran.

Melalui akun instagram pribadinya, Ridwan Kamil mengatakan dirinya bersama dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, akan membangun Sea World terkeren di Indonesia.

Tidak hanya itu, tempat kelahiran Bu Susi ini juga akan di bangung pusat riset kelautan (Marine Research Center) dan Politeknik Kelautan dengan kurikulum yg paling canggih. 

Demi memajukan wisata Pangandaran ini, Kang Emil juga mengatakan sedang mengkaji penerbangan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (Jakarta ) - Bandar Udara Cijulang Nusawiru (Pangandaran, Jawa Barat) yang dapat ditempuh selama 40 menit. 

[Gambas:Instagram]
Kang Emil juga mengajak Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan membuat kondisi Sungai Citarum lebih baik. Ridwan Kamil memaparkan bahwa pemerintah akan mempercepat proses pemulihan sungai Citarum. 

"Rencananya kita akan kebut membuat danau retensi tambahan untuk parkir air, membuat terowongan pengalir arus sungai, membeli banyak excavator, motor boat pengangkut sampah, fasilitas pemusnah sampah dll." demikain rencana Ridwan Kami yang dia tulis sendiri di akun instagramnya @ridwankamil, Kamis (29/11/2018)

[Gambas:Instagram]
Ridwan Kamil pun menyiapkan solusi kemacetan tol Bekasi-Jakarta, Ridwan Kamil akan memperkenalkan konsep Inland Waterways. Melalui akun instagramnya, konsep tersebut membuat kanal lebar dari laut yang masuk ke daratan agar kontainer-kontainer bisa diangkut lewat jalur air dibandingkan dengan melalui tol yang berdampak pada kemacetan.

Proyek ini terdiri dari dua tahap, yakni Tahap I adalah sistem transportasi dalam konsep tersebut akan menggunakan eksisting kanal yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yakni Cikarang Bekasi Laut ke Marunda, Jakarta Utara.

Lalu, Tahap II adalah PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) berencana menambah rute kanal dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Cikampek, di mana kanal tersebut menghubungkan jalur logistik dari Priok ke kawasan industri Cibitung-Cikarang di Bekasi sebagaimana halnya di Cikampek, Karawang.

[Gambas:Instagram]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading