Proyek Anyar Ridwan Kamil: Ubah Sampah Kota Jadi Bahan Bakar

News - Wanti Puspa, CNBC Indonesia
22 December 2018 16:15
Proyek Anyar Ridwan Kamil: Ubah Sampah Kota Jadi Bahan Bakar
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat seperti tak ada hentinya dalam memberikan terobosan untuk memperbaiki daerahnya. Terbaru, pria yang bisa disapa Kang Emil ini memperkenalkan proyek bernama Luna Project.

Apa itu Luna Project?  Luna project merupakan proyek baru mengubah sampah kota menjadi bahan bakar pengganti batu bara. 

Kemarin, Jumat (21/12/2018) pagi, ground breaking Luna Project telah dimulai dengan menggunakan teknologi RDF (Refuse-derived Fuel), di mana sampah kota diubah menjadi bongkahan padat pengganti batu bara. Sebagian sampah non organik juga akan didaur ulang di Recycling Center. 

Nantinya, hasil bahan bakar dari sampah kota ini bisa digunakan untuk energi pabrik semen.

Hal ini Kang Emil sampaikan melalui unggahan akun instagram pribadinya @ridwankamil. 

[Gambas:Instagram]
"ERA BARU WASTE TO ENERGY skala besar dimulai di Indonesia. Tadi pagi memulai ground breaking LUNA PROJECT: Waste to energy dengan teknologi RDF (Refuse-derived Fuel), yang mengubah sampah kota menjadi bongkahan padat pengganti batubara, sebagai bahan bakar baru untuk energi pabrik semen. Sebagian sampah non organik seperti metal, akan di daur ulang di Recycling Center,"

Lanjut Kang Emil, Luna Project ini akan mengelola sebanyak 1800 ton per har  dari beberapa titik yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan Kota Tangerang Selatan.

Tak main-main Luna Project ini bahkan telah mendapat perhatian khusus dari negeri Gingseng Korea, yang telah menginvestasikan uang senilai 40 juta US$.

"LUNA PROJECT , bukan @lunamaya , akan mengelola sampah dari Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan sebanyak 1,800 ton/hari. _____ Investasi dari Korea sebesar 40 juta dollar dan akan selesai dalam 18 bulan. Kami juga meminta agar nanti ada fasilitas galeri dan wisata edukasi pengelolaan sampah untuk anak-anak sekolah. Jabar Ngabret menuju #JabarJuara."

Unggahannya kali ini tentunya menuai beragam komentar warganet, hingga mendapat 77 ribu lebih penyuka.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading