Menhub Minta Tiket Pesawat Saat Nataru Jangan Mahal-mahal

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 December 2018 16:14
Menhub Minta Tiket Pesawat Saat Nataru Jangan Mahal-mahal
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga tiket pesawat jelang musim libur Natal dan Tahun Baru mengalami peningkatan tajam. Hal itu terpantau dalam sejumlah situs penjualan tiket online. 


Ambil contoh untuk penerbangan rute Jakarta-Pekanbaru, harga tiket termurah berada pada level Rp 1.125.000. Sementara pada hari biasa, harga tiket rute itu hanya berada pada kisaran Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu.




Terkait hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui fenomena tersebut. "Sekarang memang ada masalah tentang tiket yang terlalu tinggi," kata BKS di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Menurut dia, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal segera menyikapi permasalahan tersebut. "Kita akan memberikan surat kepada airline-airline tersebut supaya kenaikannya tidak terlalu tinggi," ujar BKS.

Menhub Minta Tiket Pesawat Saat Nataru Jangan Mahal-mahalFoto: Detik.com


Memasuki Nataru, BKS memastikan aspek keamanan merupakan fokus utama transportasi udara. Caranya adalah dengan melakukan ramp check terhadap 70% dari total pesawat yang ada. "Dan sekarang sudah hampir 40%. Insya Allah dalam waktu dua hari ini akan selesai semua," kata BKS.

Langkah lain Kemenhub adalah pengaturan slot yang ditambah dan melakukan perpanjangan operasional bandara-bandara kecil.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading