Batal Bubar, Jabatan Bos BP Batam Dirangkap Wali Kota

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
13 December 2018 - 07:51
Batal Bubar, Jabatan Bos BP Batam Dirangkap Wali Kota
Jakarta, CNBC Indonesia - Wacana pembubaran Pengembangan Badan Pengusahaan (BP) Batam dipastikan tak akan berlanjut. Pemerintah telah menemukan solusi lain untuk menyelesaikan persoalan dualisme kepemimpinan di wilayah tersebut.

"BP Batam tidak dibubarkan. Jabatan Kepala BP Batam dirangkap secara ex-officio oleh Wali Kota Batam," tulis keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (13/12/2018).




Selanjutnya, aktivitas perdagangan yang berlangsung di wilayah itu tetap berlangsung seperti biasa. Akan tetapi, ada sejumlah penyesuaian. Dalam hal ini, pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam, tetap dilakukan oleh BP Batam, yang dipimpin secara ex-officio oleh Wali Kota Batam.

Batal Bubar, Jabatan Bos BP Batam Dirangkap Wali KotaFoto: Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Tuwo (CNBC Indonesia)


"Sedang disiapkan aturan atau regulasi yang akan mengatur pelaksanaan rangkap jabatan Kepala BP Batam secara ex-officio oleh Walikota Batam. Demikian pokok-pokok keputusan yang telah diambil oleh pemerintah dan sekaligus meluruskan pemberitaan yang telah berkembang."

Sebelumnya, Rabu (12/12/2018) kemarin, Rapat Kabinet Terbatas di Istana yang membahas tentang perkembangan Batam. Presiden Joko Widodo pun sempat mengkritik pedas lantaran impian menjadikan Batam sebagai 'Singapura-nya' Indonesia tak kunjung tergapai.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading