Internasional

Gara-gara Perang Dagang, Penjualan Mobil di China Anjlok

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
11 December 2018 15:59
Gara-gara Perang Dagang, Penjualan Mobil di China Anjlok
Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil China anjlok 13,9% di November dibandingkan periode yang sama tahun lalu, kata asosiasi industri otomotif negara itu, Selasa (11/12/2018).

Ini menjadi penurunan terdalam sejak lebih dari enam tahun terakhir di pasar otomotif terbesar dunia itu, Reuters melaporkan dan dikutip oleh CNBC International.


Penurunan penjualan menjadi 2,55 juta unit kendaraan atau penurunan kelima beruntun secara bulanan terjadi di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi dan membaranya perseteruan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Kali terakhir penjualan jatuh lebih dalam dari ini adalah di Januari 2012 ketika bisnis sektor otomotif terpukul oleh waktu liburan Tahun Baru China yang tidak tepat.


Anjloknya penjualan di November ini terjadi setelah penurunan hampir 12% di masing-masing dua bulan terakhir. Ini menjadikan China menuju kontraksi atau pertumbuhan negatif penjualan mobil pertamanya sejak paling tidak tahun 1990.


Penjualan mobil di Negeri Tirai Bambu itu secara keseluruhan mencapai 25,4 juta unit dalam 11 bulan tahun ini, turun 1,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut data China Association of Automobile Manufacturers (CAAM).

Asosiasi tidak memberi alasan jatuhnya penjualan di November ini namun sebelumnya telah menyebut dampak perlambatan ekonomi dan perang dagang terhadap angka penjualan mobil.


(wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading