Buka Hub di Belgia, Alibaba Ekspansi Pasar Eropa

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
05 December 2018 20:46
Buka Hub di Belgia, Alibaba Ekspansi Pasar Eropa
Beijing, CNBC Indonesia- Alibaba Group Holding Ltd mengatakan mereka telah menandatangani perjanjian dengan pemerintah Belgia untuk meluncurkan pusat perdagangan e-commerce, yang akan mencakup investasi dalam infrastruktur logistik, Rabu (5/12/2018).

Proyek ini merupakan bagian dari Platform Perdagangan Dunia Elektronik Alibaba atau biasa disebut eWTP. Belgia adalah negara Eropa pertama yang bergabung dengan proyek ini menyusul kesepakatan serupa di Malaysia dan Rwanda.




Cabang logistik Alibaba, Cainiao, akan menyewa pelabuhan logistik seluas 220.000 meter persegi di bandara Liege Belgia sebagai bagian dari kesepakatan. Perusahaan juga menginvestasikan 75 juta euro awal (US$85 juta / Rp 1,2 triliun) dalam proyek yang ditetapkan untuk memulai operasi pada 2021, katanya.

"Kami sangat percaya bahwa di bawah eWTP, kami akan membuka potensi besar bagi bisnis Eropa untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan lintas batas global, terutama ke pasar China," kata CEO Alibaba Daniel Zhang dalam sebuah pernyataan.

eWTP Alibaba dirancang dalam rangka membantu negara mengurangi hambatan perdagangan untuk perdagangan e-commerce, termasuk menurunkan atau menghilangkan bea masuk dan mempercepat bea cukai.

Perusahaan sebelumnya telah mengatakan bahwa proyek tersebut dirancang untuk "memuji" Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Alibaba memperluas proyek ke Eropa di tengah ketegangan perdagangan yang lebih luas, yang telah memaksa perusahaan untuk mundur dari upaya menyadap penjual Amerika Serikat (AS).

Baru-baru ini, Ketua Alibaba Jack Ma mengatakan rencana sebelumnya untuk menciptakan 1 juta pekerjaan di AS telah sedikit tersendat karena ketegangan perdagangan, menurut media pemerintah China. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading