Siap-siap! Harga Makanan & Minuman Bakal Naik Tahun Depan

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
03 December 2018 19:56
Siap-siap! Harga Makanan & Minuman Bakal Naik Tahun Depan
Jakarta, CNBC Indonesia - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) mengisyaratkan adanya kenaikan harga jual industri makanan dan minuman (mamin) sebesar 3-5% di tahun 2019.

Ketua Umum Gapmmi, Adhi Lukman menjelaskan, kenaikan ini didasari oleh fluktuasi pelemahan nilai tukar rupiah serta faktor biaya produksi lainnya seperti kenaikan upah tenaga kerja.

"Perkiraan saya awal tahun depan mau tidak mau kita harus mengkaji kenaikan harga 3-5%, tidak hanya karena pelemahan rupiah tapi juga biaya lain seperti UMP [Upah Minimum Provinsi]," kata Gapmmi dalam Pas FM Business Forum, Senin (3/12/2018).


Adhi menambahkan, mayoritas industri menengah besar lebih memilih untuk tidak menaikkan harga di tahun ini. Sebaliknya, mereka lebih fokus mengejar omzet penjualan dengan margin keuntungan yang berkurang.

"Bottom line kita kebanyakan turun di 2018," imbuhnya.

Terkait nilai tukar, dirinya mengharapkan nilai tukar rupiah dapat segera menemukan titik keseimbangan baru dan stabil, tidak seperti beberapa bulan terakhir.

Adhi menilai Rp 14.500- Rp 15.000/US$ adalah level keseimbangan baru rupiah yang sesuai bagi kebutuhan industri mamin.

"Yang penting bagi kami stabilitas nilai tukar. Apakah rupiah menguat kita lebih baik? Belum tentu juga. Intinya jangan fluktuatif seperti saat ini karena akan mengganggu kinerja ekspor dan impor," jelasnya.

Di tahun depan, Adhi memproyeksi industri mamin masih akan tumbuh konservatif di level yang sama seperti tahun ini yakni 8-9%.

Menurutnya, Gapmmi belum melihat adanya program spesifik yang out of the box dari pemerintah untuk menggenjot industri.

"Kecuali nanti di akhir atau awal tahun ada program khusus, mungkin bisa tumbuh lebih tinggi. Kita juga belum melihat adanya program capres-cawapres yang detail. Itu sangat penting bagi kita," pungkasnya. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading