Wow! Bank Dunia Luncurkan Program Perubahan Iklim Rp 2.850 T

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
03 December 2018 - 13:41
Wow! Bank Dunia Luncurkan Program Perubahan Iklim Rp 2.850 T
Polandia, CNBC Indonesia - Bank Dunia meresmikan program untuk mengatasi perubahan iklim senilai US$ 200 miliar atau Rp 2.850 triliun (kurs Rp 14.248/US$). Nilai itu meningkat dibandingkan pendanaan saat ini.

Pengumuman Bank Dunia bertepatan dengan KTT Perubahan Iklim PBB di Polandia. Langkah itu disebut Bank Dunia mewakili "ambisi yang meningkat secara signifikan" untuk mengatasi perubahan iklim sekaligus "mengirim sinyal penting kepada komunitas global untuk melakukan hal yang sama"

Perwakilan negara-negara yang bertemu dalam KTT Perubahan Iklim PBB di Polandia juga sepakat membatasi kenaikan suhu global di bawah dua derajat Celcius (3,6 derajat Fahrenheit) dan ke batas 1,5 celcius yang lebih aman jika memungkinkan.




Dalam sebuah pernyataan yang dirilis AFP, Bank Dunia menjelaskan perincian program senilai US$ 200 miliar akan terdiri dari sekitar US $ 100 miliar dalam bentuk pendanaan langsung dari Bank Dunia. Kemudian sekitar sepertiga akan bersumber dari modal pribadi yang dimobilisasi oleh Bank Dunia Group.

"Jika kita tidak mengurangi emisi dan membangun adaptasinya sekarang, kita akan memiliki lebih dari 100 juta orang yang hidup dalam kemiskinan pada tahun 2030," kata pejabat tinggi Bank Dunia untuk Perubahan Iklim John Roome, Senin (03/12/2018).

"Dan kita juga tahu, bahwa semakin sedikit kita membahas masalah ini secara proaktif, di tiga wilayah (Afrika, Asia Selatan dan Amerika Latin), kita akan memiliki 133 juta orang terdampak," kata Roome.

Wow! Bank Dunia Luncurkan Program Perubahan Iklim Rp 2.850 TFoto: Reuters


Menurut dia, paket pembiayaan bank berjumlah sekitar US$ 40 miliar per tahun, namun yang secara langsung rata-rata US$ 27 miliar.

Roome menambahkan, pada tahun fiskal 2018, Bank Dunia telah berkomitmen menggelontorkan US$ 20,5 miliar untuk mengatasi perubahan iklim atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata tahunan 2014-2018, yaitu US$ 13,5 miliar.



CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva mengatakan, semua pihak harus melawan penyebab perubahan iklim. Dunia, menurut dia, juga harus beradaptasi dengan konsekuensi yang paling parah bagi orang-orang paling miskin di dunia.

Dengan meningkatkan keuangan bantuan keuangan ke negara-negara berkembang yang terkena dampak paling parah, Georgieva mengatakan Bank Dunia berkomitmen mengadaptasi infrastruktur sambil berinvestasi dalam "pertanian cerdas, pengelolaan air yang berkelanjutan dan jaring pengaman sosial yang responsif."

Wow! Bank Dunia Luncurkan Program Perubahan Iklim Rp 2.850 TFoto: Chandra Gian Asmara
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading