Internasional

Chairman Nissan Ditangkap, Manipulasi Keuangan Bertahun-tahun

News - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
20 November 2018 06:34
Chairman Nissan Ditangkap, Manipulasi Keuangan Bertahun-tahun
Jakarta, CNBC Indonesia - Chariman Nissan Carlos Ghosn akhirnya ditahan karena diduga melakuakan tindak pidana keuangan berdasarkan hukum Jepang. Ghosn dan direktur perseroan Greg Kelly diduga sudah melakukan praktik tersebut selama bertahun-tahun, seperti yang ditulis Nissan dalam rilisnya, Senin (19/11/2018.

Keduanya dinilai tidak melaporkan jumlah kompensasi yang diterima secara jujur kepada otoritas Bursa Tokyo atau Tokyo Stock Exchange.

Pihak Nissan juga menyebutkan Ghosn telah melakukan banyak tindakan pelanggaran yang signifikan lainnya telah ditemukan, seperti penggunaan pribadi aset perusahaan. Perusahaan itu mengatakan Ghosn juga melakukan investasi yang tidak sesuai.

Dalam konferensi pers Senin, Chief Executive Nissan Hiroto Saikawa, mengatakan kedua orang itu telah ditangkap dan Kamis ini dia akan mengusulkan kepada Dewan Direksi Nissan untuk meniadakan peran mereka.


Kepala eksekutif Nissan mengatakan ada pembisik "whistle blower" yang telah memberikan informasi kepada auditor Nissan yang kemudian memulai penyelidikan yang lebih luas. Bukti itu kemudian diteruskan ke jaksa penuntut umum Jepang.

Saikawa mengatakan baik Ghosn dan Kelly jelas "mendalangi" tuduhan kesalahan tetapi menolak untuk mengatakan berapa banyak orang yang bisa terlibat. Dia mengatakan bahwa karena kerahasiaan operasi, sebagian besar eksekutif puncak lainnya di firma hanya mengetahui kesalahan Ghosn dalam beberapa jam terakhir dan bahwa hanya "beberapa" orang yang tahu tentang penyelidikan.

Dalam menghadapi media saja, lanjut Saikawa, Ghosn telah membiarkan konsentrasi kekuasaan dalam satu individu. Saikawa mengatakan kesalahan terjadi selama periode panjang dan kelihatannya Kelly diizinkan untuk mengendalikan operasi internal, karena ia mendapat dukungan langsung dari Ghosn. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading