Jualan Nissan Tak Laku, Indomobil Lepas Kepemilikan

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
02 October 2018 16:20
Jualan Nissan Tak Laku, Indomobil Lepas Kepemilikan
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) melalui anak usahanya PT IMG Sejahtera Langgeng (IMGSL) melepas kepemilikan sahamnya sebesar 5,10% saham atau 13,43 ribu lembar saham seri C di PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

Transaksi penjualan dengan nilai Rp 135 miliar tersebut dialihkan ke PT Tritunggal Inti Permata (TIP) yang saat ini memiliki sekitar 18,17% kepemilikan saham di perseroan.

Menurut informasi keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), pengalihan saham ini telah dilakukan pada awal tahun 2018 silam. Sedangkan laporan persetujuan pendapat kewajaran transaksi dirampungkan pada 25 September 2018.

Lebih lanjut, alasan utama perseroan melakukan pengalihan saham di tubuh NMI disebabkan oleh kerugian yang kerap dialami oleh NMI dalam beberapa waktu etrakhir.


Kerugian yang dialami oleh NMI dinilai membebani laporan laba rugi dan penghasilan perseroan secara keseluruhan, yang mengurangi kinerja perseroan untuk meningkatkan keuntungan.

Sedangkan hasil penjualan saham tersebut akan mengubah metode pencatatan penyertaan perseroan di NMI dari metode ekuitas menjadi metode biaya. Sehingga tidak akan membebani laporan keuangan laba rugi perseroan di periode berikutnya.

Dalam hal ini, IMAS optimistis untuk dapat meningkatkan pembagian dividen kepada para pemegang sahamnya. Mengingat perseroan tidak lagi menerima resiko rugi yang diperoleh atau diderita NMI. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading