Bawa Isu Indo-Pasifik, Jokowi Hadiri KTT ASEAN di Singapura

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
13 November 2018 12:52
Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Singapura untuk menghadiri KTT ASEAN.
Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Singapura untuk menghadiri KTT ASEAN. Berdasarkan keterangan resmi, Selasa (13/11/2018), rombongan Jokowi menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.

Selama di Singapura, Presiden akan menghadiri KTT ke-33 ASEAN yang akan berlangsung pada 13-15 November 2018. Pada kesempatan ini, Indonesia akan mematangkan proses pengembangan kerja sama Indo-Pasifik.

Selain itu, sebagai koordinator ASEAN-Rusia, Presiden Jokowi direncanakan menyampaikan statement ASEAN dalam pertemuan ASEAN-Rusia. Di bawah koordinasi Indonesia, kerja sama ASEAN-Rusia telah menjadi kemitraan strategis.


Di sela-sela pelaksanaan KTT ASEAN, Presiden juga diagendakan untuk melakukan beberapa pertemuan bilateral.

Setelah KTT ASEAN, Presiden akan melanjutkan kunjungan kerja ke Port Moresby, Papua Nugini, untuk menghadiri KTT ke-26 APEC pada 17-18 November 2018.

Pada KTT APEC yang bertema 'Harnessing Inclusive Opportunities Embracing Digital Future', Indonesia akan mengedepankan antara lain, pemanfaatan teknologi digital untuk pembangunan inklusif.

Selama di Port Moresby, Presiden juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral serta dialog dengan 12 pimpinan negara kepulauan Pasifik untuk membahas kerja sama maritim dan penanggulangan perubahan iklim.


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading