Resmikan Sekretariat Baru, Jokowi Beri Peringatan untuk ASEAN

News - Chandra Gian Asmara & Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
08 August 2019 11:57
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung Sekretariat ASEAN yang baru di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung Sekretariat ASEAN yang baru di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019). Peresmian gedung itu bertepatan dengan hari ulang tahun ke-52 ASEAN.

"Untuk terus dapat memainkan peran sentral ke depan, satu kunci utama yang diperlukan ASEAN adalah persatuan," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Selain Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pun turut hadir dalam acara peresmian tersebut. Persemian gedung ini juga dihadiri sejumlah Menteri Luar Negeri Negara Anggota ASEAN dan sekitar 300 undangan.


Resmikan Sekretariat Baru, Jokowi Beri Peringatan untuk ASEANFoto: Presiden Joko Widodo meresmikan gedung baru Sekretariat ASEAN di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (8/8/2019). (dok. BPMI Setpres/Muchlis Jr)


Selain itu, Jokowi juga membahas mengenai arti penting ASEAN.

"Ke depan tantangan ASEAN untuk 50 tahun tidaklah mudah. Oleh karena itu, ASEAN harus dapat mempertahankan relevansinya," jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa gedung baru ini mencerminkan spirit baru ASEAN. Ia menyebutnya "The New ASEAN,"

Pernyataan ini pun ditekankan kembali oleh Menlu Retno.

"Arsitektur bangunan Sekretariat ASEAN yang baru mencerminkan arti penting dialog dalam kerja sama ASEAN," kata Retno.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading