Ini Bocoran Kejutan dari Menko Darmin yang Bakal Dirilis

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 November 2018 15:23
Ini Bocoran Kejutan dari Menko Darmin yang Bakal Dirilis
Jakarta, CNBC Indonesia - Kejutan yang bakal dirilis Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada akhir bulan ini sedikit demi sedikit terungkap ke permukaan.

Kejutan tersebut berupa revisi Daftar Negatif Investasi (DNI) untuk menarik investasi masuk ke Indonesia. Hal tersebut, saat ini masih menjadi pembahasan di internal pemerintah.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengungkap detail rencana pemerintah merevisi kebijakan tersebut kepada awak media, Kamis (8/11/2018).


"Isunya ada beberapa. Salah satunya pengurangan DNI, kepemilikan asing kita permudah tapi tetep kita kontrol," kata Susiwijono.

Sebagai informasi, dalam paket kebijakan jilid X pemerintah sejatinya telah mengubah sejumlah daftar negatif investasi yang diatur dalam Peraturan Presiden 39/2014. 

Paket tersebut mengubah porsi kepemilikan asing menjadi mayoritas, bahkan hingga 100%. Selain itu, ada sekitar 20 bidang usaha yang dibuka untuk besaran saham tertentu.

Susiwijono mengatakan, draf perubahan DNI sudah difinalisasi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan akan dikeluarkan dalam waktu yang tidak lama.

"Insya Allah besok kita rapatkan, rakortas dengan para menteri terkait. [...] Mudah-mudahan selesai di minggu ini, jadi minggu depan Pak Menko tinggal rilis aja," kata dia.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading