'RI Harus Take Off, Tapi Jangan Sampai Jatuh'

News - Muhammad Choirul, CNBC Indonesia
31 October 2018 15:37
'RI Harus Take Off, Tapi Jangan Sampai Jatuh'
Jakarta, CNBC Indonesia - MantanĀ Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro Jakti berbicara soal jebakan pendapatan menengah atau middle income trap. Middle income trap adalah suatu keadaan ketika sebuah negara mencapai tingkat pendapatan menengah, tetapi tidak dapat keluar dari tingkatan tersebut untuk menjadi negara maju.

Dalam sebuah dialog bertema 'Melanjutkan Estafet Pembangunan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045' di Gedung Dhanapala, Rabu (31/10/2018), Dorodjatun mengatakan pemerintahan Indonesia nantinya akan dipimpin oleh para pemuda milenial.

"Anda harus memimpin di dalam kurun waktu saya kira 30 tahun ke depan, Indonesia harus keluar dari jebakan middle income trade," kata Dorodjatun.


"Jadi tanggung jawab anda semua yang ke depan untuk memimpin Indonesia untuk take off, sebab kalau tidak akan menjadi the biggest fail state in the world. Inilah taruhannya," imbuh Dorodjatun.

Ada beban penduduk yang menurut Dorodjatun harus diperhatikan dari middle income trap. Dari Piramida Penduduk, sampai tahun 2050 nanti akan ada banyak anak muda di bawah 60 tahun. Nah nantinya yang pensiunan harus bisa diurus, sebab kalau. makin tua makin banyak yang muda kewalahan," tutur Dorodjatun sambil menyebut negara seperti Singapura, Brunei dan China yang tengah mengalami hal ini.

Lebih jauh Dorodjatun mengatakan Indonesia adalah negara yang luar biasa besarnya. Dan akan banyak beban yang harus dipikul oleh pemimpin di masa depan.

"Maka itu beban dari tanggung jawab bukan main ke depan karena anda merupakan the single largest archipelago dunia. Saya kira itu yang saya ingin sampaikan yang anda hadapi," tutur Dorodjatun.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading