Internasional

Khashoggi Dibunuh, Bos Softbank Batal Hadiri Konferensi Saudi

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
23 October 2018 19:53
Khashoggi Dibunuh, Bos Softbank Batal Hadiri Konferensi Saudi
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Sotfbank Masayoshi Son, raksasa investasi teknologi, menjadi tokoh bisnis terkenal yang juga ikut menarik diri dari konferensi keuangan besar di Arab Saudi, Wall Street Journal melaporkan dan dilansir dari CNBC International, Selasa (23/10/2018).

Masayoshi Son telah membatalkan kunjungannya menyusul kematian wartawan berkebangsaan Amerika Serikat (AS) yang belum jelas penyebabnya, Jamal Khashoggi, di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Pemimpin SoftBank awalnya direncanakan untuk memberikan pidato di Future Investment Initiative di Riyadh, yang dimulai hari Selasa.


Ketidakhadiran Son dapat menyebabkan rasa malu dan kemarahan di Riyadh, mengingat hubungan dekat SoftBank dengan Arab Saudi.

Dalam beberapa tahun terakhir, kerajaan telah menggelontorkan sejumlah uang yang semakin banyak ke dalam "Vision Fund" sebesar US$100 miliar (Rp 1.517 miliar) milik SoftBank. Arab Saudi, melalui pot kekayaan kedaulatannya sendiri merupakan penyumbang dana terbesar.

Sebelumnya, Chief Operating Officer (COO) Softbank Group, Marcelo Claure membatalkan kehadirannya pada konferensi keuangan besar tersebut.

Claure SoftBank meminta penyelenggara konferensi Arab Saudi untuk menghapus namanya dari daftar pembicara, dan mengatakan dia tidak akan hadir, Bloomberg melaporkan, menambahkan bahwa pendiri konglomerat Jepang Masayoshi Son belum mengkonfirmasi jika dia akan hadir.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading