Impor Minyak 700 Ribu Barel/Hari, Dolar Pertamina Dari Mana?

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
22 October 2018 14:33
Pertamina impor 700 ribu barel minyak sehari, dari mana kebutuhan dolarnya?
Jakarta, CNBC Indonesia- Kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) yang tinggi, membuat RI perlu impor ratusan ribu barel minyak setiap hari. Transaksi ini dilakukan lewat PT Pertamina (Persero).

Berdasar data Pertamina yang dipaparkan dalam rapat bersama komisi VII DPR RI September lalu, direksi Pertamina memaparkan setiap hari perseroan impor BBM sebanyak 393 ribu barel per hari. Naik dibanding tahun lalu yang rata-rata hanya 370 ribu barel per hari.

[Gambas:Video CNBC]


Selain BBM, terdapat juga impor minyak mentah sebanyak 351 ribu barel per hari, turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 361 ribu barel. Dengan rata-rata angka impor 700 ribu barel sehar ini, dari mana Pertamina mencari dolarnya? Apalagi di tengah terus menguatnya nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap rupiah.

Impor Minyak 700 Ribu Barel/Hari, Dolar Pertamina Dari Mana?Foto: Edward Ricardo


VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, pasokan dolar perusahaan masih lancar dan aman sampai saat ini. Ia menuturkan, selama ini pembelian dolar dilakukan di Bank Indonesia (BI).



"Sumber dolar Pertamina belinya hanya dari BI, kan ada peraturannya. Tapi saya tidak ingat detilnya," ujar Adiatma kepada CNBC Indonesia saat dihubungi Senin (22/10/2018).

Lebih lanjut, Adiatma pun menegaskan, pasokan dolar Pertamina tetap bisa mencukupi kebutuhan perusahaan untuk membeli minyak/BBM dari luar.

Namun, Adiatma tidak bisa menjabarkan dengan detil berapa pasokan dan kebutuhan dolar Pertamina saat ini. Ia hanya bisa memastikan kalau besaranya jumlahnya sesuai dengan yang sudah diatur oleh BI.

"Yang pasti stoknya lancar, dan mengikuti aturan yang dibuat oleh BI dan Kementerian Keuangan juga," pungkas Adiatma.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading