AS Jadi Negara Paling Kompetitif di Dunia, RI Nomor Berapa?

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
17 October 2018 18:06
AS Jadi Negara Paling Kompetitif di Dunia, RI Nomor Berapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) ditahbiskan sebagai perekonomian paling kompetitif di dunia versi World Economic Forum (WEF), Rabu (17/10/2018).

Dalam Indeks Daya Saing Global atau Global Competitiveness Index, WEF menempatkan AS sebagai perekonomian paling kompetitif dari 140 negara. Ini adalah kali pertama negara dengan produk domestik bruto (PDB) terbesar di dunia itu menduduki posisi puncak dalam satu dekade terakhir.

[Gambas:Video CNBC]

Singapura
 dan Jerman masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga.


Para periset juga menemukan fakta bahwa daya saing ekonomi Eropa kini lebih rendah dibandingkan Asia Timur dan Pasifik, CNBC International melaporkan.


Laporan tersebut memetakan daya saing negara-negara dunia menggunakan 98 indikator, seperti keragaman angkatan kerja, kebebasan pers, hak-hak pekerja, dan bisnis disruptif.

AS mendapatkan skor daya saing 85,6 dari 100 dengan kekuatan yang mencakup bisnis yang dinamis, pasar tenaga kerja, dan sistem keuangan. Namun, laporan itu juga mencatat bahwa perekonomian AS terhambat oleh memburuknya interaksi sosial, turunnya keamanan, kurangnya adopsi informasi dan teknologi, dan korupsi.

Negeri Paman Sam juga termasuk tertinggal dalam hal kesehatan dengan rata-rata angka harapan hidup yang lebih rendah tiga tahun dibandingkan negara-negara maju lainnya.

Singapura yang membuntuti AS dengan ketat tetap kompetitif akibat kebijakan negara yang mendukung keterbukaan yang menjadi kunci kesuksesan perekonomian negara Asia Tenggara itu.

Jerman yang ada di posisi ketiga mendapat nilai tinggi di bidang makroekonomi namun tertinggal di sektor adopsi informasi dan teknologi.

Dalam laporan itu, Inggris berada di posisi kedelapan, sementara China dan Rusia masing-masing ada di peringkat 28 dan 43.



Indonesia sendiri berada di posisi 45 tahun ini dari 47 di tahun lalu.

Berikut posisi 1-10 ekonomi paling kompetitif versi WEF.

1. Amerika Serikat
2. Singapura
3. Jerman
4. Swiss
5. Jepang
6. Belanda
7. Hong Kong
8. Inggris
9. Swedia
10. Denmark


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading