ESDM Umumkan Pemenang Lelang 6 Blok Migas Pekan Depan

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
12 October 2018 19:17
ESDM Umumkan Pemenang Lelang 6 Blok Migas Pekan Depan
Jakarta, CNBC Indonesia- Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengungkapkan, pemerintah akan segera mengumumkan pemenang lelang enam wilayah kerja untuk ekplorasi dan produksi minyak dan gas bumi (migas), yakni tiga WK eksplorasi, dan tiga WK produksi.

"Sudah ada pemenangnya," ujar Arcandra kepada media saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (12/10/2018).Kendati demikian, Arcandra masih enggan menjelaskan lebih detil terkait siapa pemenangnya tersebut. Ia bersikeras untuk mengumumkannya pada Senin minggu depan.

"Senin (15/10/2018) rencananya akan diumumkan, bersama dengan pak Dirjen Migas (Djoko Siswanto). Lebih banyak yang diminati dibanding yang tidak diminati," pungkas Arcandra.

Sebelumnya, Pemerintah telah membuka lelang reguler terhadap enam wilayah kerja (WK) untuk ekplorasi dan produksi minyak dan gas bumi (migas), yakni tiga WK eksplorasi, dan tiga WK produksi.


Sebagai informasi, WK eksplorasi, yang dilelang adalah WK Banyumas, WK Andika Bumi Kita, dan WK South East Mahakam. Sedangkan untuk tiga WK produksi, yakni WK Makassar Strait, Selat Panjang, dan South Jambi B.

Periode lelang dibuka mulai 14 Agustus-20 September 2018, dan pengembalian dokumen lelangnya paling lambat 12 Oktober 2018. Sedangkan untuk WK eksplorasi dimulai pada 14 Agustus-12 Oktober 2018, dan tenggat waktu penyerahan dokumen lelang pada 12 Oktober 2018.

Adapun, untuk peserta lelang yang sudah ikut pada lelang reguler sebelumnya, dan akan ikut pada lelang kali ini, mesti membeli lagi dokumen lelang seharga US$ 5.000.

Pemerintah juga pernah menjelaskan, tiga blok produksi tersebut dilelang karena sejumlah faktor, di antaranya karena kontraktor eksisting tidak berminat memperpanjang kontrak dan ada juga yang dinyatakan pailit. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading