Menelusuri Sosok Kim Johanes yang Mau Selamatkan Merpati

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
08 October 2018 12:58
Merpati dan Intra Asia Corpora tandatangani Perjanjian Transaksi Penyertaan Modal Bersyarat pada 29 Agustus lalu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Kim Johanes Mulia muncul sebagai calon penyelamat PT Merpati Nusantara Airlines.

Melalui PT Intra Asia Corpora, Kim Johanes siap menggelontorkan Rp 6,4 triliun sebagai modal usaha agar Merpati kembali mengangkasa.

Hal itu terungkap setelah Merpati dan Intra Asia Corpora melaksanakan penandatanganan Perjanjian Transaksi Penyertaan Modal Bersyarat pada 29 Agustus lalu.


Kim Johanes sendiri bukan tokoh baru di industri penerbangan nasional. Dulu, dia sempat memegang kendali atas Kartika Airlines melalui perusahaan yang sama yakni Intra Asia Corpora.

Intra Asia Corpora yang merupakan perusahaan investasi ini pernah menguasai Kartika Airlines, namun kini maskapai tersebut sudah tidak beroperasi lagi.




Pada 2015, PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta pernah mengumumkan akan memusnahkan 9 unit pesawat yang tidak pernah diurus pemiliknya, di mana 2 unit tercatat berada di bawah Kartika Airlines yakni MD 820 dan Boeing 737-200.

Sementara itu, Direksi Merpati Nusantara Airlines, Asep Eka Nugraha, mengatakan kepemilikan saham Intra Asia Corpora di Merpati akan dibahas lebih lanjut bersama pemerintah dan DPR.

Foto: Kim Johanes Mulia (ketiga dari kiri) saat Penandatanganan Perjanjian Transaksi antara PT Merpati Nusantara Airlines dan PT Intra Asia Corpora (ptppa.com)


Merpati sendiri juga akan menjalani Sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), sehingga suara kreditur terkait dengan investor baru ini akan ikut didengar.

"Mengenai berapa persen saham investor [Intra Asia Corpora] di Merpati sampai saat ini belum ditentukan. Semua masih proses. Nanti juga aka nada pembahasan dengan pemerintah dan DPR," ujar Asep Eka Nugraha, dihubungi CNBC Indonesia hari ini, Senin (8/10/2018).


(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading