IMF-WB Annual Meeting di Bali

Bos The Fed hingga Jack Ma Akan Hadiri IMF-WB Meeting

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
08 October 2018 06:47
Bos The Fed hingga Jack Ma Akan Hadiri IMF-WB Meeting
Nusa Dua, CNBC Indonesia - Gelaran Rapat Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank Group) atau IMF-WBG Annual Meeting di Nusa Dua, Bali, pada tanggal 8-14 Oktober akan menjadi tempat berkumpul tokoh-tokoh penting dunia.

Mulai dari Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim hingga gubernur bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve, Jerome Powell, serta miliuner dan pendiri raksasa tekologi China Alibaba, Jack Ma, dijadwalkan menghadiri dan berbicara dalam sejumlah seminar. Mereka juga akan mengadakan beberapa pertemuan bilateral yang tertutup.

"Hampir semua [gubernur] bank sentral datang. The Fed, The Fed New York, [bank sentral] China hadir, Jepang juga. Bahkan mereka jadi pembicara di berbagai event," kata Ketua Task Force Bank Indonesia untuk IMF-WBG Annual Meetings 2018 Peter Jacobs kepada wartawan di Nusa Dua, Minggu (7/10/2018).


"Belum ada kabar bank sentral yang tidak hadir," tambahnya.

Tidak hanya pejabat moneter dari negara-negara maju yang akan hadir di Bali namun gubernur-gubernur bank sentral dari negara-negara yang disebut Peter sangat jauh juga tak ketinggalan ambil bagian.

Pejabat bank sentral dari Sudan Selatan, Uganda, Namibia, Gambia, Islandia, Bahama, hingga Montenegro juga akan mengikuti pertemuan tahunan tersebut.

Tokoh-tokoh dunia tersebut akan mulai berdatangan hari Senin hingga puncak acara pada tanggal 10-13 Oktober mendatang.

Orang terkaya nomor dua di China, Jack Ma, juga akan ikut meramaikan IMF-WBG Annual Meeting. Ia dijadwalkan akan berbicara dalam pembukaan sesi diskusi bertajuk Disrupting Development: How digital platforms and innovation are changing the future of developing nations di Bali International Convention Center (BICC), Jumat (12/10/2018)

Ia akan menyampaikan pidatonya bersama dengan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim.

"Jack Ma diundang. Banyak yang mengundang dia, bukan cuma pemerintah Indonesia," kata Peter. "Banyak yang perlu [berbicara dengan Jack Ma]. Sekarang eranya digital economy, orang perlu tokoh dan narasumber yang bisa berbicara mengenai digital economy," ujarnya.

Presiden Joko Widodo juga akan tiba di Bali hari Kamis sebelum secara resmi membuka pertemuan tahunan hari Jumat. Selama di Bali, Jokowi akan mengadakan serangkaian pertemuan dengan investor serta Lagarde dan Jim.

Bos The Fed hingga Jack Ma Akan Hadiri IMF-WB MeetingFoto: Infografis/Dampak IMF/Arie Pratama



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading