Korban Meninggal Tembus 1.407 Orang, Jokowi Kebut Pemulihan

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
03 October 2018 14:40
Korban Meninggal Tembus 1.407 Orang, Jokowi Kebut Pemulihan
Jakarta, CNBC IndonesiaBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah terus bertambah.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di kantor pusat BNPB, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

"Jumlah korban jiwa per 3 Oktober 2018 pukul 13.00 WIB, 1.407 orang meninggal dunia," kata Sutopo seperti dilansir detik.com, Rabu (3/10/2018)


Perinciannya, sebanyak 1.177 orang ditemukan di Palu, 12 orang di Parigi Moutong, dan 65 orang di Sigi. Sementara korban luka berat sebanyak 2.549 orang. Kemudian yang hilang 113 orang dan 152 orang.

"Kita perkirakan data ini masih terus bergerak," ujar Sutopo.




Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi lokasi terdampak gempa dan tsunami di Sulteng. Lokasi pertama yang dikunjungi begitu tiba di Kota Palu, yaitu Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan.

Di sana, Jokowi meninjau lokasi reruntuhan desa dan memantau penanganan para korban terdampak bencana. Jokowi juga menerima sejumlah laporan yang berkaitan dengan upaya pemulihan aktivitas dan sarana umum yang ada di sana.

"Ini saya ke lapangan lagi untuk melihat kondisi riil setelah saya perintahkan empat hari yang lalu, baik yang berkaitan dengan evakuasi, listrik, BBM, logistik, dan terutama penanganan-penanganan yang luka," kata Jokowi melalui siaran pers, Rabu (3/10/2018).

Menurut dia, proses evakuasi, pembersihan, dan pencarian korban di lokasi telah berjalan sesuai dengan rencana. Sejumlah alat-alat berat tambahan juga sudah dioperasikan untuk mendukung percepatan penanganan itu.

Sepanjang perjalanan Jokowi menuju ke lokasi peninjauan, tampak sejumlah tim dari PLN yang dilaporkan terdiri atas 500 orang sudah mulai melakukan perbaikan jaringan listrik yang sempat lumpuh.

"Saya tadi dapat laporan 40% listrik sudah menyala meski itu bukan dari gardu, tapi dari genset-genset sedang maupun kecil yang sudah sampai ke sini," kata Jokowi.
Korban Meninggal Tembus 1.407 Orang, Jokowi Kebut PemulihanFoto: infografis/4 PRIORITAS JOKOWI PASCA- GEMPA DAN TSUNAMI SULTENG/Aristya Rahadian Krisabella
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading