Melihat Visi & Misi Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
24 September 2018 15:29
Melihat Visi & Misi Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, telah menyampaikan visi dan misi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilpres 2019. Dalam dokumen yang diperoleh CNBC Indonesia, visi dan misi Prabowo-Sandi bertajuk Sejahtera Bersama Prabowo-Sandi.

Terdapat empat pilar mensejahterakan Indonesia menurut pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Adil dan Makmur tersebut. Keempat pilar itu, yaitu ekonomi, budaya dan lingkungan, kesejahteraan rakyat, dan politik, hukum, dan hankam.

Visi-Misi Prabowo-Sandi Foto: Visi-Misi Prabowo-Sandiaga (ist)



Empat pilar Prabowo-Sandi bersendikan 8 pilar ekonomi (36 program aksi), 9 pilar kesejahteraan rakyat (29 program aksi), 10 pilar budaya dan lingkungan hidup (18 program aksi), serta 7 pilar politik, hukum, dan hankam (26 program aksi).


Melihat Visi & Misi Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019Foto: Visi Misi Prabowo-Sandi (Ist)


Visi Prabowo-Sandi, yaitu:

"Terwujudnya bangsa dan negara Republik Indonesia yang adil, makmur, bermartabat, relijius, berdaulat, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya serta menjamin kehidupan yang rukun antarwarga negara tanpa memandang suku, agama, ras, latar belakang etnis dan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945."

Sedangkan misi Prabowo-Sandi, yaitu:

1. Membangun perekonomian nasional yang adil, berkualitas, dan berwawasan lingkungan dengan mengutamakan kepentingan rakyat Indonesia melalui jalan politik-ekonomi sesuai pasal 33 dan 34 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 


2. Membangun masyarakat Indonesia yang cerdas, sehat, berkualitas, produktif, dan berdaya saing dalam kehidupan yang aman, rukun, damai, dan bermartabat serta terlindungi oleh jaminan sosial yang berkeadilan tanpa diskriminasi. 


3. Membangun keadilan di bidang hukum yang tidak tebang pilih dan transparan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui jalan demokrasi yang berkualitas sesuai dengan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 


4. Membangun kembali nilai-nilai luhur kepribadian bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, bermartabat, beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia (sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat 3), dan bersahabat yang diberkati oleh Tuhan YME. 


5. Membangun sistem pertahanan dan keamanan nasional secara mandiri yang mampu menjaga keutuhan dan integritas wilayah Indonesia.

Sedangkan 8 pilar ekonomi Prabowo-Sandi, yaitu:

1. Menyelamatkan Indonesia dari keterpurukan di bidang ekonomi, dengan mewujudkan sumber daya manusia yang produktif dan mampu bersaing di tingkat dunia.
2. Menciptakan lapangan kerja sebesar-besarnya.
3. Menjaga harga kebutuhan pokok yang stabil dan terjangkau.
4. Mendorong pertumbuhan dunia usaha dan koperasi yang efisien dan unggul.
5. Mendorong pembangunan berkualitas yang mengurangi kemiskinan dan 
ketimpangan sosial ekonomi.
6. Meningkatkan daya beli masyarakat.
7. Menciptakan sumber-sumber pertumbuhan baru, termasuk pariwisata, 
ekonomi digital, startup, industri syariah dan maritime.
8. Mendorong pembangunan ekonomi nasional dengan meningkatkan 
produktivitas dan nilai tambah untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan yang berkeadilan sosial.







(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading