Ini 3 Negara Tempat Para Crazy Rich Dunia Parkir Harta

News - Raditya Hanung, CNBC Indonesia
23 September 2018 18:33
Negara mana saja ÿang menjadi
Jakarta, CNBC IndonesiaDemam film Crazy Rich Asian melanda dunia. Film Hollywood yang seluruh pemerannya berasal dari Benua Asia itu tergolong sukses di mata kritikus kelas wahid.

Faktor yang membuat film ini menonjol adalah keberhasilannya dalam merepresentasikan budaya Asia dengan sangat apik. Dari mulai tradisi keluarga, hingga nilai-nilai masyarakat Tiongkok yang amat universal. Di sisi lain, Crazy Rich Asian juga mampu tampil mewah dengan menayangkan gaya hidup borjuis keluarga kaya Tiongkok di Singapura. Suatu tema yang sebenarnya sudah terjadi dari dahulu, namun jarang ditangkap oleh mata orang kebanyakan.

[Gambas:Video CNBC]

Singapura memang acapkali menjadi negara tujuan utama bagi crazy rich dari seluruh dunia (termasuk dari Indonesia) untuk "menanamkan" harta kekayaannya.


Ini 3 Negara Tempat Para Crazy Rich Dunia Parkir Harta Ilustrasi Sosialita, Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki


Mengutip laporan Boston Consuting Group, Singapura berada di posisi ke-3 offshore center terbesar di dunia. Total harta kekayaan pribadi dari luar negeri (offshore wealth) yang mengendap di Negeri Singa mencapai US$0,9 triliun (sekitar Rp13.337,1 triliun rupiah). Jumlah sebesar itu bahkan mengungguli nominal Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia tahun lalu yang sebesar Rp9.912,75 triliun.



Sebagai catatan, definisi dari harta kekayaan pribadi yang digunakan mengacu pada kategorisasi aset System of National Accounting, yang mencakup total kekayaan populasi dalam bentuk tunai dan deposit, reksadana, ekuitas (listed maupun unlisted), asuransi jiwa, dan hak pensiun. Total kekayaan tersebut bisa dipegang secara langsung maupun melalui manajer investasi.

Meski demikian, definisi di atas mengecualikan tempat tinggal pribadi dan barang mewah.

Dari tahun 2012-2017, tingkat pertumbuhan offshore wealth di Singapura mencapai 10% per tahun. Donatur utama ke Singapura adalah warga negara dari China, Malaysia, dan tidak ketinggalan Indonesia. Sama dengan keluarga Elleanor Young di film Crazy Rich Asian, ternyata Crazy Rich Indonesian juga hobi memarkir kekayaan pribadinya di Singapura.

Jika Singapura ada di posisi ke-3, lalu negara mana yang duduk di posisi ke-1 negara ÿang menjadi "sarang" crazy rich dari seluruh dunia? Jawabannya adalah Swiss. Total offshore wealth yang hinggap di negara tersebut mencapai US$2,3 triliun (Rp34.083,7 triliun), dengan tingkat pertumbuhan mencapai 3% per tahun selama periode 2012-2017.



Satu posisi di bawah Swiss ada Hong Kong dengan offshore wealth mencapai US$1,1 triliun (Rp16.300,9 triliun). Di Hong Kong, tingkat pertumbuhannya bahkan mencapai 11% per tahun (pada periode 2012-2017), masih lebih unggul dibandingkan Singapura.

Sebagai informasi, negara-negara seperti Swiss, Hong Kong, dan Singapura tersebut sering disebut sebagai offshore centres. Negara-negara ini pada umumnya memang menyediakan paket keuntungan pajak yang menggiurkan, serta layanan dana luar negeri yang memanjakan, sehingga mampu menarik crazy rich dari seluruh dunia untuk berinvestasi.

Selain tiga negara tersebut, berikut daftar dari top 10 offshore centres lainnya, lengkap dengan sumber pendanaan utamanya, seperti dilansir dari Boston Consulting Group:




Artikel Selanjutnya

Bukan di Film, Singapura Pakai Robot Polisi di Mal-Mal


(RHG/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading