Demi Cuan, Liga Spanyol Bakal Digelar di AS!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
12 September 2018 14:25
Sepakbola boleh menjadi olahraga paling populer di dunia. Namun di AS, pamor the beautiful game belum terlalu bersinar.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sepakbola boleh menjadi olahraga paling populer di dunia. Namun di Amerika Serikat (AS), pamor the beautiful game belum terlalu bersinar.

Mengutip survei Gallup, sepakbola a la AS alias American Football masih menjadi olahraga paling tenar di Negeri Paman Sam. Olahraga yang mirip rugbi tetapi berhenti setiap 3 detik sekali ini menjadi pilihan 37% orang dewasa di AS.

Di posisi kedua ada bola basket yang dipilih oleh 11% orang dewasa di AS, kemudian di peringkat ketiga ada bisbol dengan angka 9%. Sementara sepakbola asli yang benar-benar menggunakan kaki hanya dipilih oleh 7% orang dewasa di Negeri Adidaya.


Namun, AS adalah pasar yang sangat menarik. Dengan populasi mencapai 329.256.456 jiwa, pasar AS menjanjikan potensi yang besar.

Tahun lalu, ajang Superbowl disaksikan oleh 103,4 juta orang melalui siaran televisi, mengutip data Nielsen. Superbowl adalah sporting event dengan pemirsa terbanyak kedua di dunia setelah Piala Dunia.

Oleh karena itu, sepakbola terus mencari cara untuk memikat hati orang-orang AS. Jalan itu dibuka dengan penyelenggaraan Piala Dunia 1994 dan kelahiran liga sepakbola profesional (Major League Soccer/MLS). AS (bersama Kanada dan Meksiko) juga sudah memenangkan persaingan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Beberapa tahun terakhir, AS juga rutin menggelar turnamen pra-musim bertajuk Internasional Champions Cup. Di luar itu, klub-klub sepakbola papan atas Eropa juga sering bertandang ke AS sebagai destinasi pertandingan pra-musim.

Akan tetapi, berbagai upaya itu sepertinya belum cukup untuk mendekatkan sepakbola dengan masyarakat AS. Sepakbola memang sudah lebih dikenal, tetapi belum sepopuler sepakbola yang bolanya dipegang pakai tangan itu.

Oleh karena itu, muncul ide yang sangat revolusioner di Spanyol. Penyelenggara La Liga Spanyol berencana menggelar pertandingan di AS!
La Liga Ketuk Pintu AS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading