Hai Milenial, Ingin Beli Rumah? Cermati Tawaran Menarik Ini

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
04 September 2018 13:35
Hai Milenial, Ingin Beli Rumah? Cermati Tawaran Menarik Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Minat generasi milenial untuk memiliki rumah layak huni terus meningkat. Namun, generasi tersebut masih terkendala dalam mendapatkan kredit pemilikan rumah (KPR) lantaran uang muka (down payment).

Untuk menjaring segmen yang berusia 25-35 tahun tersebut, baik bank maupun pengembang menggunakan strateginya masing-masing.

Executive Vice President Non Subsidized Mortgage dan Consumer Lending Division PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) Suryanti Agustinar menjelaskan, pihaknya memiliki beberapa program untuk bisa menjaring segmen milenial. Pertama adalah dari sisi DP rendah.


"Kami sudah lama menawarkan DP rendah," ujar dia di Hotel Ambhara, Selasa (4/9/2018).

Kemudian, BTN juga memiliki program KPR Zero, yakni milenial tidak perlu membayar pokok selama dua tahun. Dengan program ini, BTN bisa memenuhi dua kebutuhan milenial, yakni rumah dan juga leisure. "Uang yang tidak dibayar ke pokok bisa digunakan untuk jalan-jalan," ucap dia.

Terakhir, BTN memiliki program KPR dengan tenor sampai 30 tahun. Sedangkan untuk apartemen bisa sampai 20 tahun.
Sedangkan dari sisi pengembang, Ketua Dewan Kehormatan Real Estate Indonesia (REI) Lukman Purnomosidi menjelaskan, untuk bisa menggaet milenial diperlukan penguatan dari sisi permintaan dan pasokan properti.

Dari sisi permintaan, Bank Indonesia (BI) sudah mengeluarkan kebijakan DP 0%. Namun, kebijakan tersebut tidak bisa dilakukan tanpa kebijakan lain seperti kredit lahan dan insentif PPN serta subsidi bunga.

"Kalau untuk mendorong milenial bisa terbang dengan paket yang didorong dari sisi suplai dan demand," kata dia.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading