Liga Champions Eropa Bergulir Lagi, Berapa Hadiahnya?

News - Raditya Hanung, CNBC Indonesia
02 September 2018 13:42
Tinggal hitungan hari Liga Champions Eropa edisi 2018/2019 akan dimulai, tepatnya pada tanggal 18 September 2018. Foto: REUTERS/Hannah McKay
Jakarta, CNBC IndonesiaPara penikmat sepak bola dunia akan kembali dimanjakan oleh pentas adu kekuatan tim sepak bola terbaik di Benua Eropa. Tinggal hitungan hari Liga Champions Eropa edisi 2018/2019 akan dimulai, tepatnya pada 18 September 2018.

32 tim dari 8 liga terbaik di Benua Biru akan berduel memperebutkan trofi "Si Kuping Besar" yang saat ini nyaman bertengger di Madrid, bahkan selama 3 musim terakhir. Ya, sudah 3 tahun belakangan, klub asal ibu kota Spanyol Real Madrid menahbiskan diri sebagai tim terbaik Eropa.

Kota Madrid sendiri masih akan menjadi "bintang" pada musim ini, di mana final Liga Champions 2018/2019 akan digelar di Stadion Wanda Metropolitano pada 1 Juni 2019 mendatang. Stadion itu sendiri merupakan "rumah" bagi klub asal kota Madrid lainnya, Atletico Madrid.

Liga Champions Eropa Bergulir Lagi, Berapa Hadiahnya?Foto: UEFA


Sudah tidak ada lagi yang meragukan bahwa Liga Champions Eropa merupakan salah satu turnamen sepak bola paling akbar di planet ini. Reputasinya mungkin hanya kalah oleh Piala Dunia yang digelar 4 tahun sekali. Dengan nama sebesar itu, tentunya hadiah uangnya pun tidak sembarangan.

Mengutip CNBC International, badan sepakbola Eropa UEFA telah menyebutkan bahwa total pendapatan komersial kotor untuk kompetisi Liga Champions di musim ini mencapai 3,25 miliar euro atau US$3,7 miliar (sekitar Rp53,65 triliun).

Dari jumlah sebesar itu, lebih dari 60%-nya, atau sekitar 2,04 miliar euro (Rp34,92 triliun), akan didistribusikan bagi seluruh klub yang berpartisipasi di turnamen.

32 klub yang berhasil mentas di babak penyisihan grup Liga Champions Eropa akan menerima alokasi masing-masing sebesar 15,25 juta euro (Rp261,06 miliar), dengan bonus tambahan sebesar 2,7 juta euro (Rp46,22 miliar) untuk setiap pertandingan yang dimenangkan dan 900.000 euro (Rp15,4 miliar) untuk tiap pertandingan yang berakhir seri.Kemudian, untuk 16 tim yang lolos ke fase gugur, akan menerima skema alokasi hadiah sebagai berikut:



Sehingga, klub yang berhasil menggondol trofi Liga Champions musim ini berhak atas total hadiah sebesar 66,25 juta euro (Rp1,13 triliun). Jumlah itu belum termasuk bonus dari setiap pertandingan yang dimenangkan. Jumlah yang sangat menggiurkan tentu.

Meski demikian, hingga di titik ini, kita belum bicara hak siar televisi. Sebagai informasi, klub peserta Liga Champions Eropa juga berhak mendapatkan bagian dari pendapatan hak siar televisi yang diestimasikan mencapai 292 juta euro (Rp5 triliun), berdasarkan reputasi liga domestik masing-masing serta jumlah pertandingan yang dimainkan di sepanjang turnamen.

Di sinilah tim yang berasal dari Liga Premier Inggris sangat diuntungkan, karena mereka mendapatkan bagian terbesar dari hak siar tersebut, atau sering disebut sebagai uang "market pool".

Bahkan, pada Liga Champions Eropa musim 2016-2017, Leicester City mampu memanen uang lebih banyak daripada sang juara Liga Champion saat itu Real Madrid. Leicester City yang hanya mencapai babak perempat final mampu meraih total uang sebesar 81,6 juta euro (Rp1,4 triliun), sedangkan Real Madrid "hanya" meraup 81 juta euro (Rp1,39 triliun).

Hal itu dikarenakan Leicester City mendapatkan bagian hak siar televisi sebesar 49 juta euro (Rp838,8 miliar), hampir dua kali lipat dari sang jawara Real Madrid yang hanya mendapatkan 26 juta euro (Rp445,08 miliar) dari TV Spanyol.  

Kesimpulannya, menjadi juara Liga Champions Eropa memang akan mendapatkan reputasi sebagai tim terbaik Benua Biru, atau mungkin tim sepak bola terbaik dunia dunia. Namun, untuk urusan mengeruk pundi-pundi uang dari kompetisi ini, tim Inggris nampaknya masih akan menjadi "ahli" nya. Terima kasih kepada bagian hak siar yang lebih besar.

Liga Champions Eropa Bergulir Lagi, Berapa Hadiahnya?Foto: Edward Ricardo
Artikel Selanjutnya

Termasuk Kanjuruhan, Ini 15 Tragedi Berdarah Suporter Dunia


(RHG/RHG)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading