Janji untuk Peraih Medali Asian Games: Uang, PNS, dan Rumah!

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
29 August 2018 11:20
Pemerintah akan memberikan berbagai bentuk bonus untuk peraih medali dalam Asian Games 2018.
Jakarta, CNBC Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memastikan pemerintah akan memberikan berbagai bentuk bonus untuk peraih medali dalam Asian Games 2018. Tidak hanya atlet, pelatih hingga asisten pelatih juga akan kecipratan.

"Bukan hanya uang, jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan rumah untuk peraih semua medali juga sudah disiapkan," kata Menpora dalam konferensi pers di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (27/8) sore.

Menpora memastikan, bonus akan dibagikan setelah penyelenggaraan Asian Para Games di Jakarta pada 6 Oktober hingga 13 Oktober. Ini karena pemerintah juga menjanjikan bonus yang sama untuk peraih medali pada Asian Para Games.


Mengenai besaran bonus itu, Menpora menjelaskan, bagi peraih emas nomor single akan diberikan Rp 1,5 miliar. Sedangkan untuk peraih emas dari nomor double masing-masing mendapatkan Rp 1 miliar dan untuk beregu masing-masing akan mendapatkan Rp 800 juta hingga Rp 900 juta. Detailnya berbeda-beda setiap cabang.

"Jadi harus kita hitung dengan detail. Dan semua bonus akan diserahkan ke rekening masing-masing atlet tanpa dipotong pajak. Bonus PNS juga akan diberikan kepada peraih emas, perak, dan perunggu. Dan rumah yang disiapkan oleh Kementerian PU PR. Ini belum dari pihak swasta," ujar Menpora dilansir laman Sekretariat Kabinet, Rabu (29/8/2018).

Lebih lanjut, politikus PKB itu menambahkan, pemerintah juga menyiapkan bonus bagi cabang olahraga yang melampaui target. Hal itu merupakan wujud apresiasi dari pemerintah terhadap prestasi mereka.

Sampai dengan hari ini, Indonesia masih kokoh di peringkat keempat klasemen perolehan medali. Kontingen Merah Putih mengumpulkan 25 medali emas, 19 medali perak, dan 29 perunggu. Asian Games akan ditutup pada 2 September 2018.
(miq/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading