Tak Banyak Kepala Daerah yang Ikut Dorong Pertumbuhan Ekonomi

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
23 August 2018 13:35
Masih ada banyak Kepala Daerah yang belum memaksimalkan potensi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menilai masih ada banyak Kepala Daerah yang belum memaksimalkan potensi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah.

Hal itu terlihat dari bagaimana masih terbatasnya Kepala Daerah yang punya kebijakan ekonomi guna mendukung masuknya kegiatan investasi.

"Belum banyak Kepala Daerah yang punya kebijakan ekonomi yang mendukung pertumbuhan daerah, lebih banyak yang bersifat sporadis atau memang beruntung dengan kedatangan investasi besar tapi bukan karena dia," jelas Bambang di kawasan Thamrin, Kamis (23/8/2018).


Maka dari itu, Bambang mengaku ingin masing-masing Kepala Daerah untuk tahu betul kebutuhan dan potensi untuk kegiatan investasi. Dia ingin ada strategi sistematis yang diterapkan, agar proses investasi bisa terdorong.

"Ingat, kita masih punya 5,17% angkatan kerja yang menganggur, itu setara 7 juta. Jumlah itu bukan sedikit," ujarnya.

Investasi, dia sebut menjadi kunci penciptaan lapangan kerja. Sebab jelas, porsi penciptaan lapangan kerja oleh swasta jauh lebih besar dibanding pemerintah.

"Tidak bisa pemerintah angkat mereka 7 juta orang jadi PNS, itu bukan solusi. Malah menjadi masalah besar," tutur Bambang.

Melihat perizinan investasi yang kerap dikeluhkan, Bambang mengatakan pendataan investasi fisik di Indonesia masih belum berjalan dengan baik. Selain itu, belum kuatnya visi antar kementerian dan lembaga untuk mengatasi hal ini.
(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading