Sri Mulyani: Tak Ada Alasan Tahun Politik, Kami Tetap Bekerja

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 August 2018 08:30
Sri Mulyani: Tak Ada Alasan Tahun Politik, Kami Tetap Bekerja
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah akan tetap fokus bekerja mengawal kas keuangan meskipun di tengah tahun politik.

Hal tersebut dikemukakan bendahara negara, seperti dikutip laman resmi Kementerian Keuangan, Kamis (23/8/2018). Meski di tahun politik, momentum pertumbuhan akan tetap dijaga.

"Tahun politik, ya yang politik tetap politik, yang bekerja untuk mengumpulkan dan menjaga APBN, ya tetap kita lakukan," ungkap Sri Mulyani.


Penerimaan pajak, kata Sri Mulyani, tahun depan diarahkan untuk menciptakan basis penerimaan baru yang diharapkan mampu meningkatkan akselerasi perekonomian.


Salah satu strategi yang bakal ditekankan adalah melalui reformasi Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) maupun Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Ditjen Bea dan Cukai), serta implementasi Automatic Exchange of Information (AEoI).

"Kita juga menggunakan berbagai reformasi yang sudah selama ini kita lakukan. Pajak dengan Bea Cukai bekerja sama, sehingga wajib pajak tidak perlu harus melakukan perbedaan treatment diantara kedua institusi," katanya.

"Kita memperbaiki dari sisi penggunaan database dengan adanya Automatic Exchange of Information dan kerjasama perpajakan internasional akses informasi itu," sambungnya.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu memahami kondisi perekonomian Indonesia masih dihantui sejumlah ketidakpastian ekonomi global. Hal ini akan terus diperhatikan pemerintah.

"Jadi, kita akan tetap menjaga momentum yang seimbang. [...] penerimaan pajak growth-nya lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi namun momentumnya tetap harus terjaga," jelasnya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu nama bendahara negara masuk ke dalam daftar tim kampanye nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin sebagai anggota dewan pengarah.

Namun, Presiden Joko Widodo telah meminta Sri Mulyani untuk tetap fokus mengawal pelaksanaan kas keuangan negara meskipun di tengah tahun politik. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading