Pidato Kenegaraan Presiden

Jokowi: Blok Mahakam, Freeport, Rokan Kembali ke Ibu Pertiwi

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
16 August 2018 11:24
Jokowi: Blok Mahakam, Freeport, Rokan Kembali ke Ibu Pertiwi
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraannya pada hari ini di depan hadapan anggota MPR/DPR RI.

Dalam pidatonya, Jokowi lagi-lagi menegaskan sikap pemerintahannya terhadap sumber daya alam Indonesia. Ia menegaskan bahwa pemerintah harus tegas soal kedaulatan sumber daya alamnya.




Termasuk dalam hal ini, sumber daya tambang RI. "Tidak sampai di situ saja. Setelah beberapa dekade berada di tangan pihak lain, Blok Migas Mahakam, Blok Migas Sanga-Sanga, Blok Migas Rokan, dan mayoritas saham Freeport kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi yang sebesar-besarnya digunakan bagi kemakmuran rakyat," kata Jokowi di gedung MPR, Kamis (16/8/2018).

Satu pekan lalu, Jokowi juga sempat menyinggung kembalinya aset-aset tambang ini ke pangkuan RI di hadapan para kyai di Bogor. Joko Widodo menegaskan upayanya merebut Blok Rokan, Blok Mahakam dan Freeport adalah usaha nyata dalam melakukan perubahan di Indonesia.

"Blok Rokan, Blok Mahakam, mayoritas Freeport, bukti bahwa kita berdaulat. Kita ingin sebesar-besarnya digunakan untuk rakyat Indonesia. Itu adalah bukti, bukan fiksi. Ini butuh dilanjutkan, butuh diteruskan untuk mentransformasi Indonesia negara maju," tegas Jokowi.

Seperti diketahui, pengelolaan Blok migas Rokan tahun ini disepakati diserahkan ke Pertamina setelah puluhan tahun dikuasai Chevron asal AS.

Sementara itu blok migas Mahakam juga diserahkan ke Pertamina dari sebelumnya INPX dan Total. Adapun 51% saham PT Freeport Indonesia akan direbut Indonesia dari Freeport McMoran asal AS. (gus/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading