Bos The Fed & IMF Bakal Pakai Kartu Garuda di IMF-WB Meeting

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
14 August 2018 12:42
Minimal 400 kartu akan diterbitkan langsung untuk diberikan kepada para gubernur bank sentral dan menteri keuangan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) akan membekali para gubernur bank sentral dan menteri keuangan dari berbagai negara dunia yang menghadiri IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali dengan kartu debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Upaya itu dilakukan agar seluruh transaksi selama pertemuan dilakukan dalam mata uang rupiah.

Kartu debit berlogo Garuda tersebut akan dikeluarkan oleh bank-bank Himbara, yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank BTN.

Ketua Task Force Bank Indonesia untuk IMF-WB Annual Meetings 2018 Peter Jacobs mengatakan uang perdiem atau uang dinas bagi para peserta pertemuan akan diberikan dalam bentuk kartu debit GPN. Jumlah uang yang didepositkan mencapai sekitar US$1,000 (Rp 14,4 juta) per kartu.


"Kita mau membanggakan bahwa kita punya world class technology yang bisa mereka pakai selama di sini," kata Peter dalam kunjungannya ke kantor TransMedia hari Selasa (14/8/2018). Ia menyebutkan bahwa pemberian uang perdiem dalam bentuk tunai akan kurang praktis sehingga cara ini ditempuh.


Minimal 400 kartu akan diterbitkan langsung untuk diberikan kepada para gubernur bank sentral dan menteri keuangan, belum termasuk anggota delegasi lainnya.

IMF-WB Annual Meeting 2018 yang akan diselenggarakan di Bali bulan Oktober mendatang diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 4.000 delegasi resmi, 1.500 staf IMF dan WB, serta sekitar 5.000 investor.

Gubernur bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve, Jerome Powell, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, dan Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim adalah beberapa di antara pejabat dunia yang dijadwalkan menghadiri pertemuan tersebut.

Untuk mempermudah pengisian ulang kartu tersebut maupun penukaran valuta asing yang dibawa delegasi, pihak panitia telah menyediakan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan money changer di sekitar kawasan pertemuan.

"Ini showcase buat kita," kata Peter.
(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading