Jokowi Sambangi Lokasi Gempa Lombok Hari Ini

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
13 August 2018 10:27
Jokowi Sambangi Lokasi Gempa Lombok Hari Ini
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat sekaligus memulai proses pembersihan daerah terdampak bencana, Senin (13/8/2018) sore.

Rencana kedatangan Presiden ke lokasi bencana diutarakan oleh Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau kerap disapa Tuan Guru Bajang usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jumat (10/8/2018).

Zainul Majdi mengungkapkan hasil rapat terbatas menyebutkan rapat memutuskan bahwa penanganan bencana tersebut akan diserahkan kepada pemda.Namun, pemerintah pusat akan memberikan dukungan secara maksimal terhadap penanganan dampak bencana ini.




"Tadi disepakati sambil berjalan tangap darurat kita mulai proses rehabilitasi, diawali dengan pembersihan," ujar Zainul Majdi.
"Relatif sudah selesai evakuasinya. Mulai pembersihan per Senin mendatang. Mudah-mudahan kalau tidak ada aral melintang, Presiden bisa mengawali proses pembersihan dan proses rehabilitasinya."

Ia menyebutkan secara psikologis masyarakat masih terganggu dan memilih mengungsi karena melihat reruntuhan rumah mereka. Tiga kecamatan akan menjadi fokus awal pembersihan, yaitu Gangga, Bayan dan Kayangan.

Selain itu, Zainul melaporkan ada 486 fasilitas umum berupa sekolah serta rumah sakit dan fasilitas kesehatan sekunder yang terdampak bencana, khususnya RS di Lombok Utara.

Dia memaparkan proses evakuasi juga terus berjalan karena gempa susulan masih terus-menerus terjadi.

"Dampak dari terus menerusnya masih ada gempa susulan bahkan dalam skala cukup besar, bangunan yang pada hentakan pertama rusak ringan sekarang bisa hancur lebur," jelasnya. "Hal paling penting karena pengungsi kemungkinan cukup lama di tempat pengungsian, kami minta tenda yang ada bisa bertahan lama sampai selesai proses. Dan itu juga disetujui. Mohon doa semoga penangann semua selesai."

Dalam pengantar rapat, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk mengintensifkan pencarian korban akibat gempa Lombok. Selain itu, Kepala Negara juga mengingatkan agar proses evakuasi menjadi fokus.

Presiden mengemukakan dirinya terus memonitor dampak gempa sejak hari pertama. Ia menyebut telah mendapatkan perkembangan situasi lapangan secara terus-menerus."Selang beberapa lama setelah gempa yang pertama terjadi saya juga perintahkan langsung kepada Kepala BNP, Basarnas dan Panglima TNI serta Polri untuk segera langsung bergerak," kata Jokowi.

"Saya minta fokus kepada upaya upaya evakuasi termasuk di dalamnya evakuasi wisatawan yang ada di pulau di sekitar Lombok memberikan perawatan kepada para korban dan penanganan pengungsi." (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading