Gempa 6,9 SR Kembali Mengguncang Lombok

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
20 August 2018 08:40
Gempa 6,9 SR Kembali Mengguncang Lombok
Jakarta, CNBC Indonesia - Gempa bumi berkekuatan 6,9 SR mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), hari Minggu (19/8/2018) malam pukul 21.56 WIB.

Pusat gempa berada di laut sekitar 30 km timur laut Lombok Timur pada kedalaman 10 km. Gempa dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Setelah gempa tersebut, beberapa gempa susulan terjadi hingga pagi ini dengan kekuatan berkisar antara 5 SR hingga 6 SR.


Guncangan gempa dirasakan keras Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Lombok Barat dan Kota Mataram selama lima hingga 10 detik malam tadi.

Gempa dirasakan sedang di Bali seperti di Jembrana, Kota Denpasar, Karangasem, Badung, Gianyar, Bangli, Kulungkung dan Buleleng selama 5-10 detik. Gempa juga dirasakan ringan di Jawa Timur bagian timur dan Makassar, menurut keterangan resmi Badan Pusat Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dikutip Senin (20/8/2018).

Belum dapat dipastikan dampak gempa karena listrik padam dan komunikasi mati di Lombok Timur.

"Kondisi listrik PLN padam di seluruh Lombok. Kondisi gelap gulita sehingga menyulitkan untuk memperoleh informasi dampak gempa," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers tersebut.

Gubernur NTB telah mengimbau pada masyarakat Lombok untuk tetap waspada dan tenang. Bagi masyarakat di sekitar Sembalun dan Sambelia, Lombok Timur agar menjauhi perbukitan setelah lereng Gunung Rinjani longsor akibat gempa yang terjadi hari Minggu pagi.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading