Bonus Tanda Tangan Rokan Rp 11 T, Terbesar di Sejarah RI

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia 10 August 2018 16:46
Bonus Tanda Tangan Rokan Rp 11 T, Terbesar di Sejarah RI Foto: CNBC Indonesia/Anastasia Arvirianty
Jakarta, CNBC Indonesia- Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan bonus tanda tangan yang diberikan oleh Pertamina untuk mengambil alih blok Rokan merupakan nilai terbesar di sepanjang sejarah blok migas. 

"Iya, Rokan itu yang terbesar sejauh ini. Sebelumnya ada di blok di Sumatra yang nilainya kalau tidak salah US$ 200 juta," tutur Arcandra kepada media saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (10/9/2018).




Ia pun menilai, nilai yang diberikan Pertamina pun sesuai dengan rasionalitas, berdasarkan hitung-hitungan untuk menentukan bonus tanda tangan sesuai Peraturan Menteri.

Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) No.28 Tahun 2018 yang merupakan perubahan atas Permen ESDM No. 23 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Wilayah Kerja Migas yang Akan Berakhir Kontrak Kerja Samanya, formula perhitungan bonus tanda tangan sebenarnya diatur sebesar 25% dari Net Present Value (NPV) kontraktor, dikurang biaya investasi yang belum dikembalikan dan dikurang NPV komitmen kerja pasti.

Berdasar hitungan CNBC Indonesia, apabila mengacu pada model cash flow dari Wood Mackenzie dengan perhitungan Present Value menggunakan tingkat diskonto 10% (dari 1 Januari 2018), pendapatan kotor Blok Rokan pada 2041 secara kumulatif adalah sebesar US$15,62 miliar (Rp218,68 triliun).

Dari jumlah itu, pemerintah mendapat bagian US$6,81 miliar (Rp95,34 triliun), sementara pendapatan bersih kontraktor (dikurangi pajak dan biaya operasi&kapital), atau NPV-nya, adalah sebesar US$986,9 juta (Rp13,82 triliun).

Dari NPV kontraktor sebesar itu, 25%-nya adalah sebesar Rp3,45 triliun. Ini kira-kira, menurut hitungan angka maksimal yang wajar untuk bonus tanda tangan di blok Rokan. 

Memang jauh di bawah angka Rp11,36 triliun yang ditawarkan Pertamina. Hal ini kemudian menjadi tanda tanya besar. Sebegitu besarnya-kah harga yang harus dibayar agar Pertamina bisa kuasai blok Rokan?  (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading