Jepang Ikut Gotong-royong Bersihkan Sungai Citarum

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
08 August 2018 18:26
Upaya teknologi transfer juga akan dilakukan untuk mendukung pengenalan dan penyebaran teknologi yang sesuai dalam penanganan limbah air industri.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang pada hari Selasa (7/8/2018) sepakat untuk berkolaborasi dalam memperbaiki kualitas air Sungai Citarum.

Kesepakatan kedua belah pihak akan diimplementasi ke dalam sejumlah upaya, di antaranya Kemitraan Lingkungan Air di Asia yang dilakukan untuk menerapkan manajemen beban limbah air yang sesuai dengan keadaan sungai, menurut pernyataan bersama yang diterima CNBC Indonesia hari Rabu (8/8/2018).

Selain itu, upaya teknologi transfer juga akan dilakukan untuk mendukung pengenalan dan penyebaran teknologi yang sesuai dalam penanganan limbah air industri.


Baik Indonesia maupun Jepang mengakui pentingnya mempercepat pemasangan teknologi limbah untuk energi (waste-to-energy) dan sepakat untuk membangun pedoman teknisnya tahun ini.

"Kedua belah pihak mengakui bahwa manajemen limbah yang baik, termasuk limbah untuk energi, berkontribusi dalam memperbaiki kualitas air Sungai Citarum," menurut pernyataan bersama itu.


Kedua pelah pihak juga sepakat melakukan kerja sama antar kota untuk menerapkan pembangunan kapasitas pemerintah di bidang manajemen kualitas air seperti pemenuhan hukum, serta untuk meningkatkan aktivitas-aktivitas terkait di komite gabungan di antara pemerintah lokal Indonesia.

Kesepakatan itu dilakukan saat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Siti Nurbaya dan Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang Arata Takebe melakukan dialog kebijakan yang membahas manajemen merkuri, manajemen limbah medis, kerja sama Asean+3 dan G20, berbagai isu terkait ekowisata, serta kerja sama perbaikan kualitas air Sungai Citarum. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading