Internasional

Mobil UE Produksi Kanada Tetap Kena Tarif Otomotif AS

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
06 August 2018 10:19
Mobil UE Produksi Kanada Tetap Kena Tarif Otomotif AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Kesepakatan antara AS dan Uni Eropa yang dicapai pada akhir Juli lalu mungkin telah menghapuskan pengenaan tarif otomotif untuk perusahaan pembuat mobil Jerman, Prancis, dan Italia.

Namun, Gedung Putih berhak untuk memberlakukan tarif impor pada kendaraan yang dibuat di Kanada, kata seorang pejabat administrasi senior kepada CNBC pada hari Jumat (3/8/2018). Ford, General Motors, Honda dan Fiat Chrysler termasuk di antara banyak produsen mobil yang beroperasi di Kanada.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan kepada wartawan bulan lalu bahwa untuk membuat Gedung Putih batal mengenakan tarif otomotif adalah "konsesi besar." Namun Presiden Donald Trump masih mengarahkan Departemen Perdagangan untuk menyelesaikan penyelidikan dan menyiapkan 'menu' pilihan untuk Gedung Putih, bahkan jika Eropa dibebaskan.


"Mungkin suatu waktu di bulan Agustus kami akan bersedia untuk membuat laporan. Mungkin tidak perlu, atau mungkin diperlukan. Kita akan lihat," kata Menteri Perdagangan Wilbur Ross kepada wartawan di Air Force One pada 26 Juli. "Tapi pekerjaan itu terus berlanjut." Tambahnya, dilansir dari CNBC International.

Pendapat itu muncul karena Kanada masih menolak rancangan perjanjian baru NAFTA yang diajukan AS. Sementara sekutunya di Amerika Utara, Meksiko telah menunjukkan kemajuan pesat dalam negosiasinya. Bahkan pejabat senior AS, mencatat bahwa hubungan antar negara itu telah memburuk sejak konferensi pers Perdana Menteri Trudeau di G7.

"Tarif otomotif tidak akan baik untuk Trudeau," kata pejabat senior pemerintah, tanpa merinci pada titik mana pembicaraan AS akan berpotensi mempertimbangkan untuk menerapkannya.

Cameron Ahmad, juru bicara pemerintah Kanada, mengatakan, "Kami secara teratur berhubungan dengan rekan-rekan kami, dan kami berharap untuk melanjutkan negosiasi bulan ini."

Duta Besar Kanada untuk AS mengatakan kepada surat kabar The Globe and Mail bahwa dia memperkirakan negosiasi antara AS dan Kanada akan dilanjutkan "dalam 10 hari ke depan."

Kantor Perwakilan Perdagangan AS, yang memimpin pembicaraan NAFTA, menolak berkomentar.


Keterlibatan berkelanjutan


Bulan lalu, para pejabat perdagangan Meksiko dan AS telah bertemu beberapa kali di Washington untuk memecahkan masalah terkait aturan asal (origin) mobil dan masalah pelik lainnya. Setelah pemilihan Andres Manuel Lopez-Obrador pada tanggal 1 Juli, delegasi tingkat tinggi anggota Kabinet AS melakukan perjalanan ke Kota Meksiko untuk memberi salam kepada Lopez-Obrador dan penasihatnya, beberapa di antaranya telah melakukan pembicaraan.

Para pejabat Meksiko dan AS akan melanjutkan pembicaraan pada 8-9 Agustus, kata pejabat utama Meksiko, Jumat. Kanada mengatakan mendukung pembicaraan tersebut sebagai pendahulu untuk kesepakatan trilateral.

"Kami menyambut baik keterlibatan berkelanjutan antara AS dan Meksiko. Semakin banyak kemajuan yang mereka lakukan, terutama pada [aturan asal mobil], semakin dekat kita akan mencapai kesepakatan," kata Cameron Ahmad, juru bicara pemerintah Kanada.


"Posisi kami sejak awal adalah bahwa kami menginginkan kesepakatan yang bagus, dan kami yakin itu mungkin tercapai. Kami akan membela kepentingan Kanada," tambahnya. "Jika AS dan Meksiko mencapai kesepakatan, menurut pejabat Gedung Putih senior, tidak jelas bagaimana Kanada kemudian akan masuk ke dalam percakapan, dengan mengatakan" ada sejumlah skenario yang dipertimbangkan."


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading