Tahun Depan PLN Targetkan Seluruh Papua Dialiri Listrik

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 July 2018 11:29
Saat ini rasio desa berlistrik di Papua dan Papua Barat saat ini adalah 30,39%.
Jakarta CNBC Indonesia - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan Papua dapat terlistriki hingga 99% di 2019.

Saat ini rasio desa berlistrik di Papua dan Papua Barat saat ini adalah 30,39%. Jumlah desa di Papua dan Papua Barat adalah 4.535 desa dan terus mengalami pemekaran desa.

Kondisi kelistrikan Papua dan Papua Barat saat ini memiliki daya mampu pembangkit sebesar 358,41 MW dengan beban puncak 294,24 MW, transmisi sepanjang 218 kms dan gardu induk berkapasitas 144 MVA.


"Untuk itu, PLN akan terus melistriki desa di Tanah Papua tanpa terkecuali. Sekitar 1.200 desa yang akan dilistriki PLN di Papua & Papua Barat pada tahun ini dimana diantaranya adalah 415 desa yang akan disurvei oleh peserta Ekspedisi Papua Terang," ujar I Made Suprateka, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN dalam keterangan resmi perusahaan, Sabtu (28/7/2018).

Untuk mencapai target tersebut, PLN melakukan sinergi dengan lintas sektor dan kerja sama PLN bersama lima perguruan tinggi (UI, ITB, UGM, ITS dan UNCEN), TNI AD dan LAPAN untuk mewujudkan Papua terang.

PLN juga melakukan ekspedisi Papua Terang. Total peserta yang akan mengikuti Ekspedisi Papua Terang ada lebih dari 500 orang yang terdiri dari mahasiswa dari 5 PTN, akademisi, pegawai PLN yang menjadi relawan, TNI AD dan LAPAN yang akan disebar ke 415 desa dari 5 posko yang dituju, yaitu: Posko Jayapura, Posko Wamena, Posko Nabire, Posko Timika, dan Posko Merauke.
Artikel Selanjutnya

Tarif Tak Naik, PLN Putar Akal Cari Duit Investasi Listrik


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading