Bye.. Visa dan Master, Kartu GPN Beredar Mulai Pekan Depan

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
27 July 2018 17:12
Mulai minggu depan akan diselenggarakan pekan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mengumumkan mulai minggu depan akan diselenggarakan pekan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Pekan ini diselenggarakan serentak pada 17 daerah di Indonesia.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan, kartu berlogo GPN adalah terobosan baru yang akan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan sistem pembayaran yang lebih efisien melalui interkoneksi dan interoperabilitas.

"Minggu depan kita mulai pekan GPN. BI dan perbankan gelar GPN dengan kegiatan pekan penukaran kartu di 17 titik di seluruh nusantara," ungkap Mirza di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (27/7/2018).


Mirza menyebutkan, kampanye dilakukan secara serentak pada 29 Juli 2018 yang kemudian di lanjutkan dengan penukaran kartu ke berlogo GPN hingga 3 Agustus 2018.

"Jadi nanti kartu yang kita miliki berlogo GPN," paparnya.

Diketahui, kehadiran aturan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan titik balik kemandirian Indonesia dari sisi sistem pembayaran.

Dari sisi fee, biaya yang dikeluarkan nasabah dengan kartu berlogo GPN jauh lebih murah dibandingkan dengan kartu berlogo Visa dan MasterCard. Cara ini akan mengamankan dana nasabah untuk tidak tersedot banyak akibat transaksi yang dilakukan.

Menurut data dari Visa dan MasterCard, masing-masing provider mengenakan biaya transaksi masing-masing sebesar 2-3%. Sementara jika menggunakan kartu berlogo GPN, biaya yang digunakan hanya 1%. Perbedaan ini yang membuat kehadiran GPN menguntungkan konsumen khususnya di dalam negeri. Lantas kehadiran GPN sempat diprotes negeri asal provider tersebut yaitu Amerika Serikat.



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading