Pemerintah Bahas Proyek LRT di Medan, Bandung dan Surabaya

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
22 July 2018 17:03
Pemerintah Bahas Proyek LRT di Medan, Bandung dan Surabaya
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan merumuskan biaya proyek moda transportasi light rail transit (LRT) di tiga kota.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan tiga proyek LRT yang akan dibangun ada di Medan, Bandung dan Surabaya.

"Minggu ini kami akan diskusi, Insya Allah akan ada suatu angka-angka tapi angka itu masih kasar dan belum ada angka detilnya," ujar Budi Pisa Cafe Menteng, Minggu (22/7/18).


Nantinya, seluruh perencanaan proyek tersebut akan dikoordinasikan melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dipimpin oleh Menteri Luhut Binsar Panjaitan sambil mendiskusikan nilai final untuk ketiga proyek tersebut.


"Kami akan berangkat ke Kemenko Maritim dimana project-project itu yang di Medan akan dikerjakan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dan Kementerian Keuangan, yang di Bandung akan dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan dan di Surabaya akan dikerjakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapennas)," tambah Budi.

Sebelumnya, pemerintah berencana membawa proposal proyek light rail transit (LRT) di tiga kota dalam IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018 di Bali. Ketiga berpeluang dibiayai oleh duet lembaga internasional itu.

Namun, hingga saat ini pemerintah belum mengetahui peluang atau besaran kira-kira pendanaan yang akan diraup dari IMF dan World Bank untuk mendanai pembangunan proyek LRT tiga kota itu. (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading