Apple dan Fitbit Terkenda Dampak Perang Dagang Trump

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
21 July 2018 10:46
Apple dan Fitbit Terkenda Dampak Perang Dagang Trump
Jakarta, CNBC Indonesia - Gelombang kenaikan tarif yang dikenakan Pemerintahan Presiden AS Donald Trump terhadap barang China senilai US$ 200 miliar bisa berdampak terhadap perusahaan asal Paman Sam sendiri.

Dalam daftar spesifik yang dilansir oleh Otoritas Perdagangan, terdapat nama-nama produk seperti Apple Watch, Charge dan model-model Surge yang diproduksi Fitbit, serta Play:3, Play:5 dan speaker SUB milik Sonos.

Kesemuanya merupakan produk dari produsen AS yaitu Apple Inc. dan Sonos yang dirakit di China. Meskipun produk telepon pintar dan laptop masih belum terkena gelombang perang dagang yang digaungkan oleh Trump.


Daftar barang senilai US$ 200 miliar tersebut kini tengah berada pada tahapan uji publik, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (21/7/2018).

Namun, ketika sudah berlaku pada bulan depan, maka produk-produk terdampak milik Apple, Fitbit dan Sonos itu seketika akan terkena tambahan bea masuk sebesar 10%.

Ketiga perusahaan menolak berkomentar terkait persoalan tersebut.

Dalam rilis laporan keuangan awal bulan ini, Sonos melansir bahwa pengenaan tarif dan hambatan perdagangan lainnya, serta tindakan balasan, akan membuat produsen meningkatkan harga dan pada akhirnya berdampak pada konsumen.

"Cara Presiden menggunakan wewenangnya adalah contoh bagaimana ia memiliki akses langsung untuk membidik produk dan perusahaan tertentu," kata Sage Chandler, wakil direktur kebijakan perdagangan internasional di the Consumer Technology Association. (ara/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading