Fakta-fakta Seputar LRT Jakarta yang Beroperasi 10 Agustus

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
16 July 2018 11:23
Fakta-fakta Seputar LRT Jakarta yang Beroperasi 10 Agustus
Jakarta, CNBC Indonesia - Jakarta sebentar lagi akan memiliki moda transportasi publik baru, yakni light rail transit (LRT).

LRT itu adalah Koridor I yang melayani rute Velodrome - Kelapa Gading mulai 10 Agustus 2018.

Moda berbasis rel itu akan melintas di 6 stasiun yaitu Velodrome, Pacuan Kuda, Pulomas, Kelapa Gading Boulevard, Mal Kelapa Gading, dan Depo LRT.



Stasiun-stasiun itu dibangun melayang, di mana total lintasan yang dilalui kereta LRT itu 5,9 km.

Fasilitas yang ada di stasiun antara lain lift, eskalator dan fasilitas modern lain seperti system automated fare collection dan platform screen doors.


Berdasarkan data PT Jakarta Propertindo selaku penggagas proyek LRT Jakarta Koridor I, kereta akan datang setiap 10 menit sekali dan akan mampu mengangkut sekitar 540 penumpang sekali jalan.

Tujuan utama pembangunan LRT Jakarta Koridor I adalah untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta, di mana salah satu venue pertandingan ada di Velodrome.

Adapun kereta LRT itu didatangkan dari Korea Selatan, diproduksi oleh Hyundai Rotem. Dalam satu rangkaian, direncanakan terdapat tiga gerbong.

Kontroversi juga sempat mewarnai pengoperasian LRT ini, di mana Satya Heragandhi dicopot dari posisi Direktur Utama PT Jakarta Propertindo per 10 Juli 2018. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemudian menunjuk Dwi Wahyu Daryoto sebagai Dirut PT Jakarta Propertindo.

(ray/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading