Piala Dunia 2018

Football Is (Not) Coming Home

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia 12 July 2018 10:16
Jakarta, CNBC Indonesia - Usai sudah perjalanan panjang tim nasional Inggris di Piala Dunia 2018. Di babak semifinal, Tim Tiga Singa harus mengakui ketangguhan dan determinasi Kroasia dengan skor 1-2. 

Kedua tim bermain sama kuat 1-1 pada waktu normal. Namun Kroasia yang punya semangat dan daya tahan seperti tank mampu membuat gol jelang berakhirnya perpanjangan waktu. Inggris yang sudah kelelahan pun harus mengakui kekalahannya. 

Football is coming home. Sepakbola pulang ke rumah. Begitu kalimat yang sering didengungkan publik dan pendukung tim nasional Inggris di Rusia 2018. Maksudnya adalah Inggris diharapkan bisa membawa pulang trofi paling bergengsi di dunia ke tanah kelahiran sepakbola. 


Namun apa daya karena yang terjadi adalah national football team is coming home. Tim nasional yang pulang, bukan trofi Piala Dunia. 

Meski begitu, Inggris yang bisa mencapai fase empat besar sebenarnya sudah melampaui ekspektasi. Maklum, catatan Inggris di Piala Dunia tidak terlalu mentereng.  

Sejak mencapai semifinal di Italia 1990, prestasi Inggris paling mentok adalah perempat final yaitu di Jepang-Korea Selatan 2002 dan Jerman 2006. Di Afrika Selatan 2010, Inggris mentok di babak 16 besar sementara di Brasil 2014 bahkan tidak mampu lolos dari fase grup. 

Oleh karena itu, sulit untuk berharap Inggris bisa melaju jauh meski harapan para Britons tetap tinggi. Bisa sampai perempatfinal saja sudah bagus, asal jangan terlalu memalukan.  

Bahkan di jajak pendapat salah satu harian ternama, publik Inggris mayoritas memperkirakan tim nasional mereka hanya mentok di penysihan grup (43%). Sementara yang lain (39%) memperkirakan Inggris hanya bisa bertahan sampai 16 besar. Hanya 2% dari 3.600 responden yang memperkirakan Inggris bisa sampai semifinal. 

Namun Harry Kane dan kolega membalikkan perkiraan itu dan membawa harapan. Tim asuhan Gareth Southgate mampu melalui perempatfinal dan mencapai semifinal.

Angan pendukung Inggris pun melayang, kini target mereka adalah menjadi juara untuk mewujudkan jargon football is coming home.


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading