Jokowi: Pekan Depan, Soft Launching Sistem Perizinan Tunggal

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
06 July 2018 15:45
Jokowi: Pekan Depan, Soft Launching Sistem Perizinan Tunggal
Jakarta, CNBC Indonesia - Polemik peluncuran sistem perizinan tunggal atau online single submission mendekati babak final. Presiden Joko Widodo telah memberikan titah terkait sistem tersebut.

Berbicara usai meninjau Indo Livestock Expo and Forum 2018 di JCC Senayan, Jumat (6/7/2018) sore, Presiden mengatakan peluncuran OSS segera dilakukan.

"OSS itu hari Selasa akan di-soft launching oleh Menko [Perekonomian Darmin Nasution], kalau sudah jalan baru saya masuk nanti," kata Presiden Jokowi kepada wartawan.


Presiden juga meminta Menko Darmin memberikan penjelasan terkait opini DPR yang menyebut bahwa PP tentang OSS menabrak undang-undang. "Tanyakan ke Menko Perekonomian."

Online single submission adalah sistem yang dirancang oleh pemerintah melalui Kemenko Perekonomian sejak awal tahun. Sistem ini diklaim akan memudahkan pelaku usaha yang akan melakukan pengurusan izin.

Peluncuran sistem ini terus mengalami penundaan karena ketidaksiapan sistem dan sumber daya manusia di kementerian, lembaga, pemerintah daerah maupun Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Akhir bulan lalu, Pemerintah juga telah menunda segala bentuk perizinan usaha yang diakibatkan dari proses transisi menuju sistem perizinan tunggal terpadu alias online single submission (OSS).

Dari siaran Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong tertanggal 29 Juni 2018 yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (3/7/2018), Presiden Joko Widodo disebut telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24/2018 tentang OSS pada Kamis, 21 Juni 2018.

"Dalam rangka transisi perizinan berusaha secara nasional ke Sistem OSS (Online Single Submission), BKPM hari ini, Jum'at 29 Juni 2018, telah menghentikan segala pemrosesan izin dan penerbitan izin untuk sementara waktu. Pemrosesan izin dan penerbitan izin akan berjalan kembali dalam waktu dekat," bunyi siaran pers tersebut.


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading