Proyek Jembatan Terpanjang di Timur RI Tuntas Lebih Cepat

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
05 July 2018 10:01
Proyek Jembatan Terpanjang di Timur RI Tuntas Lebih Cepat
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengerjaan proyek jembatan terpanjang di timur RI, Holtekamp, dapat tuntas lebih cepat satu bulan dari target.

Target semula, proyek Jembatan Holtekamp dapat tuntas pada September 2018 dan melihat perkembangan terkini pengerjaan diyakini selesai pada Agustus 2018.

"Kalau jembatannya tidak ada masalah. Saya tidak hafal berapa persen progresnya, tapi Agustus ini bisa selesai 100%, fisiknya sih bisa selesai bulan ini tapi nanti kan ada proses pengetesan dan lain-lain," kata Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi kepada CNBC Indonesia, Kamis (05/07/2018).


Seiring dengan penyelesaian konstruksi fisik jembatan, lanjutnya, saat ini pihaknya bersama dengan pemerintah daerah (pemda) setempat juga sedang dalam proses menyelesaikan pembangunan jalan pendekat atau penghubung dari arah Jayapura dan Skouw supaya jembatan ini dapat berfungsi penuh.

"Sekarang yang kita lakukan adalah jalan pendekatnya, itu ada yang jadi tanggung jawab Kota Jayapura dan ada yang jadi tanggung jawab provinsi," jelasnya.



Arie menyebutkan pihaknya membutuhkan biaya sekitar Rp 400 miliar untuk menyelesaikan jalan pendekat tersebut. Namun, pemda setempat hanya mampu mengalokasikan dana sekitar Rp 200 miliar.

"Jadi pemda ini agak kesulitan. Harusnya masih perlu kira-kira Rp 400 miliar. Mereka hanya bisa sekitar Rp 200 miliar, terus kita tambahkan jadi diambil alih pusat supaya bisa cepat selesai," ujarnya

"Nah ini rencana pembiayaannya sudah selesai dan akan segera dilelang terbuka untuk siapapun kontraktor yang bersedia," lanjutnya

Untuk menyelesaikan jalan pendekat ini, jelas Arie, dibutuhkan waktu sekitar dua tahun. "Tapi tahun pertama ini harus bisa berfungsi dulu jembatannya, nanti baru dilebarkan kiri kanannya sesuai perkembangan lalu lintas. Tapi sudah bisa digunakan masih sesuai target tahun ini juga," pungkasnya. (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading