Rambah Sektor Hilir, Exxon Buka Pom Bensin Mini di Purwakarta

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
27 June 2018 - 11:17
Rambah Sektor Hilir, Exxon Buka Pom Bensin Mini di Purwakarta
Jakarta, CNBC Indonesia- Pasar penyalur bahan bakar minyak (BBM) kini kedatangan pemain baru, yakni ExxonMobil.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi BPH Migas Setyorini Tri Hutami. "Dari sebelum Lebaran memang sudah mengundang kami untuk meninjau dan melakukan peresmian," tutur Setyorini kepada CNBC Indonesia saat dihubungi Rabu (27/6/2018).

Kendati demikian, Setyorini mengaku dirinya belum melihat dan mengetahui detil terkait SPBU mini ExxonMobil tersebut. Tetapi, ia menuturkan SPBU yang baru ada di lima titik di Purwakarta tersebut merupakan SPBU resmi.




"Apabila menggunakan nama ExxonMobil dan sudah beroperasi, semestinya mereka sudah resmi mengantongi izin niaga dari Ditjen ESDM," tambahnya.

Beberapa waktu lalu, pihak ExxonMobil mengatakan akan memperluas bisnis hilir perusahaan di Tanah Air dalam bentuk distribusi BBM untuk kebutuhan industri.

Vice President Public & Govenment Affairs ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto menyampaikan, tahun lalu perusahaan menandatangani kerja sama pendistribusian BBM industri di Pulau Jawa. 

"Tahun lalu kami juga tanda tangan kontrak kerja sama dengan Indo Prima Energy, anak perusahaan Salim Group, untuk pasok BBM untuk industri dan komersial di Pulau Jawa," kata Erwin, di Jakarta Convention Center (JCC).

Selain itu, perusahaan juga bekerja sama dengan anak usaha PT Indika Energy Tbk, Karinggau Gapura Terminal Energi (KGTE) untuk penyewaan fasilitas penyimpanan BBM (fuel storage) di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kontrak tersebut memiliki jangka waktu 20 tahun dengan opsi perpanjang 10 tahun. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading