Jutaan Mobil Mudik Sudah Kembali, Besok Jakarta Macet Lagi!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 June 2018 20:48
Jutaan Mobil Mudik Sudah Kembali, Besok Jakarta Macet Lagi!
Jakarta, CNBC Indonesia- Kementerian Perhubungan melaporkan, jumlah mobil yang melakukan perjalanan arus balik sudah melebihi kendaraan yang melakukan perjalanan mudik sepanjang libur Lebaran 2018.

"Praktis, semua pemudik sudah pulang," ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers di kantor Jasa Marga, Gerbang Cikarang Utama, Minggu (24/6/2018).




Berdasarkan data Jasa Marga yang dikemukakan, sampai dengan H-1 Lebaran ada sebanyak 1.349.000 kendaraan roda empat yang melakukan perjalanan mudik.

Adapun sejak H+1 hingga saat ini, jumlah mobil yang melakukan perjalanan balik ke Jakarta mencapai 1.356.000 kendaraan. Data ini, bahkan belum secara penuh.

"Jadi itu datanya belum sampai sekarang. Nah kalau dianggap satu shift 35 ribu, yang pulang sampai besok pagi itu 1.381.000," jelas dia.

Lantas, apakah benar-benar jumlah pemudik sudah benar-benar pulang ke Jakarta? Budi menilai, masih ada kemungkinan sebagian kecil masyarakat yang belum pulang ke Ibu Kota pasca-mudik Lebaran.

Sebab, ada dugaan sebagian besar masyarakat baru pulang pada akhir bulan ini, lantaran ingin ikut serta dalam pesta demokrasi di Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Sehingga kondisi lalu lintas pun jauh terkendali.

"Menurut catatan kami, H+3 masih banyak pemudik dikurangi dengan commuter kira-kira berapa, tapi juga yang balik ke Jakarta banyak juga yang tunggu tanggal 27 nunggu di mana ada pilkada jawa tengah dan Jawa timur," tuturnya. 

Sebagai informasi, Jasa Marga mencatat, volume lalu lintas pada H+8 diperkirakan mencapai 109 ribu kendaraan atau meningkat 53% dari lalu lintas normal sebesar 71 ribu kendaraan. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading