Pajak UMKM Jadi 0,5%, Jokowi: Agar Pengusaha Kecil Berkembang

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 June 2018 11:27
Pajak UMKM Jadi 0,5%, Jokowi: Agar Pengusaha Kecil Berkembang
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah resmi meluncurkan insentif pajak penghasilan (PPh) final bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebesar 0,5% pada hari ini (22/6/2018). Peresmian tersebut dilakukan di Surabaya, Jawa Timur.

Peraturan tersebut sesuai dengan revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Sebelumnya pengusaha UMKM dikenakan pajak PPh final sebesar 1%.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan insentif pajak UMKM ini bertujuan agar pengusaha kecil bisa berkembang.


"Tujuannya agar pengusaha mikro bisa tumbuh melompat menjadi usaha kecil. Kemudian menjadi menengah dan menjadi lebih besar lagi," ujar Jokowi.

Pelaksanaan insentif ini merupakan realisasi dari janji Presiden Jokowi ketika bertemu dengan pelaku UKM pada November 2016. Pada waktu itu, pelaku UKM meminta kepada Presiden untuk menurunkan PPh Badan UKM menjadi 0%-0,25%.

Permintaan tersebut tidak bisa dipenuhi seluruhnya karena Otoritas Fiskal bersikukuh bahwa UKM harus tetap dikenai pajak.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading