Mohamed Salah, Pemersatu dan Penggerak Ekonomi Mesir

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
11 June 2018 14:22
Jakarta, CNBC Indonesia - Mohamed Salah jadi fenomena di jagat sepakbola Eropa musim 2017/2018. Penyerang sayap Liverpool ini menyumbang 44 gol dari 52 penampilan di seluruh kompetisi.

Di Liga Primer Inggris, si nomor 11 mencetak 32 gol dari 36 laga. Salah mematahkan rekor gol dalam semusim yang sebelumnya dipegang oleh Luis Suarez kala berbaju Liverpool.

Pasukan Liverpool musim lalu berpusat kepada Salah. Mengutip Sports Illuistrated, tanpa gol-gol Salah mungkin Liverpool tidak bisa mengamankan tiket ke Liga Champions Eropa musim depan. Musim lalu, Liverpool menempati peringkat empat dengan koleksi 75 poin.


Jika menghilangkan gol-gol pemain berusia 25 tahun itu, maka nilai akhir Liverpool di klasemen adalah 52. Dengan begitu, Liverpool akan terdampar ke peringkat delapan, di bawah Burnley.

Di bawah Burnley. Untung ada Salah...

Kecanggihan teknik Salah tidak hanya diandalkan oleh Liverpool, tetapi juga tim nasional Mesir. Gol Salah pada pertandingan melawan Kongo sudah cukup mengantarkan Mesir ke Piala Dunia 2018. Ini adalah kali pertama Pasukan Firaun lolos ke putaran final Piala Dunia sejak Italia 1990.

"Salah adalah sosok yang berperan dari kelolosan ini. Kami lolos ke Piala Dunia 1990 karena kerja keras tim. Namun kali ini, Salah adalah pemimpinnya," tegas Hazem Emam, eks pemain nasional Mesir yang menjuarai Piala Afrika 1988, seperti dikutip dari BBC.

Mungkin Emam benar. Di babak kualifikasi zona Afrika, Salah menjadi pencetak gol terbanyak dengan lima gelontoran.


(aji/prm)
1 dari 3 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading